Friday, June 12, 2020

Teks Laporan Hasil Observasi - Fungsi, Struktur, Contoh

Apa yang dimaksud dengan teks laporan hasil observasi? - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), observasi memiliki arti peninjuan secara cermat. Oleh karena itu teks laporan hasil observasi adalah sebuah teks yang berisi sebuah informasi yang didapatkan dari hasil peninjauan secara cermat.

Tujuan

Teks laporan hasil observasi bertujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak ataupun pihak yang bersangkutan terhadap suatu hal atau topik yang telah diamati. Dengan demikian, pemegang kebijakan atau orang-orang yang bersangkutan, dapat mengambil kebijakan atau keputusan berdasarkan dengan hasil dari observasi tersebut.

Oleh karena teks ini ditulis dari hasil observasi, maka isi dari teks ini biasanya bersifat informatif, komunikatif, dan juga objektif. Isi teks laporan biasanya berisi mengenai fakta-fakta yang ia temukan di lapangan.

Struktur

Sturktur pada jenis teks ini terdiri atas 3 bagian, yaitu pernyataan umum atau biasa disebut klasifikasi, deskripsi bagian, dan juga deskripsi manfaat. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing bagian tersebut.

1. Pernyataan Umum atau Klasifikasi

  • Bagian pernyataan umum (klasifikasi) berisi kata-kata pembuka atau pengantar yang memberikan keterangan atau pernyataan umum mengenai topik yang akan dibahas atau dilaporkan. Pernyataan umum dapat berupa latar belakang, definisi, kata serapan, ataupun informasi tambahan lainnya.

2. Deskripsi Bagian

  • Deskripsi bagian berisi mengenai gambaran atau penjelasan mendetail atau merinci mengenai objek atau hal yang diamati. Bagian deskripsi dapat berupa ciri-ciri dari objek atau hal yang diamati, dapat juga berupa klasifikasi dari objek yang diamati.

3. Deskripsi Manfaat

  • Bagian deskripsi manfaat berisi tentang manfaat atau fungsi dari hasil observasi tersebut terhadap lingkungan sekitar maupun kehidupan.


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Perhatikan pula contoh berjudul “Membatik Tulis dengan Menggunaan Bahan Alami” berikut untuk lebih memahami tentang teks laporan hasil observasi.

1. Pernyataan Umum:

  • Batik adalah salah satu jenis kain yang juga merupakan warisan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Batik pun sudah dinobatkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009. Oleh karena itu, tanggal 2 Oktober ditetapkan pemerintah Indonesia sebagai Hari Batik Nasional.

2. Deskripsi Bagian:

  • Salah satu jenis batik yang juga diminati dan memiliki nilai tinggi adalah batik tulis. Batik jenis ini memiliki motif dan corak yang dibuat dengan cara ditulis tangan. Oleh karena itu, masa pembuatannya cenderung lama, yakni sekitar 2 hingga 3 bulan. Harga untuk batik jenis inipun juga terbilang cukup mahal.
  • Di tengah berkembangnya industri batik saat ini. Terdapat masalah yang sering kali terlupakan, yaitu pencemaran lingkungan. Oleh karena itu, saat ini banyak sekali pengusaha batik yang kembali mengembangkan teknik pewarnaan alami dalam produksi batik. Misalnya dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti buah jelawe, kayu manis, daun blarak, kayu tingi, dan indigofera. Buah Jelawe digunakan Angga untuk menghasilkan warna coklat, kayu tingi untuk warna kuning, biru dengan indigofera, abu-abu dengan kayu manis, dan coklat muda dari daun blarak.

3. Deskripsi Manfaat:

  • Produksi batik dengan menggunakan pewarna alami tentunya memiliki banyak manfaat. Selain bahan mudah didapat karena memanfaatkan potensi alam yang berada di sekitar, penggunaan pewarna alami juga dapat mengurangi limbah hasil produksi yang banyak ditimbulkan dari penggunaan pewarna batik buatan. Pembuatan batik dengan pewarna alami, tentunya harus semakin dikembangkan. Selain untuk menyelamatkan lingkungan, pewarnaan dengan bahan alami tentunya akan memberikan nilai lebih tersendiri terhadap batik yang diproduksi.


Nah, itulah jawaban dari “Apa yang dimaksud dengan teks laporan hasil observasi?”. Perlu diingat, bahwa teks laporan hasil observasi, haruslah berisi fakta-fakta yang diperoleh dari hasil pengamatan atau tinjauan. Oleh karena itu. Sebelum menulis teks observasi, coba lakukan pengamatan terhadap sebuah objek, baik benda maupun kejadian atau peristiwa yang terjadi di sekitar.
Disqus Comments