Monday, June 8, 2020

Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas: Ciri-ciri

Kalimat merupakan satu kesatuan yang terdiri atas banyak kata. Dalam suatu paragraf, kalimat seringkali memiliki dua jenis yaitu, kalimat utama dan kalimat penjelas. Apa yang membedakan jenis kalimat tersebut? Kalimat utama biasanya hanya ada satu dalam setiap paragraf, dan kalimat penjelas atau jenis kalimat lainnya adalah kalimat mendukung kalimat utama tersebut. pada postingan kali ini saya akan membahas tentang ciri-ciri kalimat utama dan kalimat penjelas.

Kalimat Utama

Kalimat utama adalah kalimat yang isinya nya yang merupakan dasar dari pengembangan paragraf. Kalimat utama mengandung inti dari suatu paragraf dan biasanya bersifat general. Kalimat utama dapat berada ada di banyak bagian paragraf di awal paragraf, di tengah atau di akhir paragraf. Kalimat utama juga biasanya disebut sebagai kalimat topik, maka dari itu berkembangnya suatu paragraf bergantung pada kalimat utama yang dimiliki.

Ciri-ciri Kalimat Utama adalah:

  • Kalimat utama merupakan kalimat independent, bermakna jelas dan tidak membutuhkan kata sambung atau konjungsi
  • Kalimat utama paling sering berada di depan paragraf. Tetapi terkadang ada juga di belakang paragraf. Kata "jadi" dan "dengan demikian" seringkali mendahului kalimat utama yang berada di belakang paragraf
  • Permasalahan suatu topik yang ditelaah secara detail merupakan bagian dari kalimat utama
  • Kalimat utama berisi statement yang sifatnya general, dan dapat dikembangkan lebih luas.

Kalimat Penjelas


Kalimat penjelas adalah kalimat yang mengandung sebuah keterangan atau detail kalimat utama di dalam paragraf. Kalimat penjelas seringkali sifatnya khusus. Kalimat ini merupakan penyongkong dari sebuah topik yang harus menguraikan secara detail dari kalimat utama.

Ciri-ciri Kalimat Penjelas adalah:

  • Pendukung ide pokok kalimat utama
  • Kalimat tidak berdiri sendiri
  • Menjelaskan topik dari suatu paragraf
  • Perlu konjungsi (contohnya, misalnya, bahkan) agar kalimat utama dan kalimat lainnya menjadi nyambung

Demikian postingan kalimat penjelas dan kalimat utama kali ini. Anda juga dapat membaca artikel lain seputar sastra di website ini. Semoga bermanfaat.
Disqus Comments