Tuesday, June 23, 2020

Contoh Pidato Tentang Disiplin yang Singkat

Contoh pidato tentang disiplin- Setiap hari Senin, ketika melaksanakan upacara bendera, kita kerap kali mendengar amanat yang diberikan oleh pembina upacara. Amanat tersebut disebut dengan pidato. Pidato merupakan sebuah teks atau wacana yang berisikan gagasan, ide, perasaan, maupun hal-hal yang ingin disampaikan kepada khalayak umum.

    Tujuan Pidato

    Saat berpidato, terdapat tujuan tertentu yang ingin disampaikan. Secara garis besar, tujuan pidato tersebut di antaranya, memberikan pemahaman atau informasi kepada pendengar, meyakinkan pendengar mengenai argumen atau pendapat yang disampaikan, memberikan hiburan kepada pendengar, serta memberikan pengaruh kepada orang lain. Tidak jarang, sebuah pidato dapat membuat pendengar mengikuti dan melakukan apa yang ia sampaikan. Untuk mencapai tujuan tersebut, pidato haruslah disampaikan dengan menarik menggunakan bahasa yang komunikatif dan mudah dimengerti oleh orang lain.

    Contoh Pidato Tentang Disiplin

    Berikut adalah Contoh pidato tentang disiplin.

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.
    Yang terhormat Kepala SD Negeri 02 Selokaton,
    Yang saya hormati seluruh guru sekaligus staff pengajar sekalian,
    Serta yang saya sayangi dan saya banggakan, siswa-siswi SD Negeri 02 Selokaton.
    Sebelumnya, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas rahmat dan nikmat yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa, sehingga kita dapat berkumpul di sini dan mengikuti kegiatan pembekalan di masa awal sekolah ini. Pada pagi yang cerah ini, izinkan Bapak untuk menyampaikan sedikit pesan dan nasihat kepada adik-adik semua mengenai pentingnya hidup disiplin dalam kehidupan sehari-hari. 
    Siswa-siswi yang Bapak cintai dan banggakan,Mencapai sebuah kesuksesan tentunya adalah keinginan dan cita-cita kita semua. Namun, untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan, tentunya diperlukan usaha serta doa yang tiada putus-putusnya. Salah satu faktor yang menentukan kesuksusan kita di masa depan adalah apa yang kita lakukan di hari ini. Dan salah satu sifat yang perlu kita miliki untuk meraih kesuksesan adalah disiplin.
    Disiplin adalah sebuah perasaan patuh dan taat pada nilai-nilai serta apa-apa yang sudah menjadi tanggung jawab. Disiplin tidak hanya berlaku di lingkungan sekolah, melainkan di seluruh aspek kehidupan. Di rumah, di lingkungan sekitar rumah, dan di lingkungan manapun di mana kita berada.
    Di sekolah, wujud disiplin dapat dilakukan dengan banyak cara. Misalnya, mengerjakan PR tepat waktu, mematuhi peraturan sekolah, melaksanakan jadwal piket dengan taat, menghormati guru, mengikuti upacara bendera, dan lain sebagainya. Sedangkan di lingkungan keluarga, wujud disiplin dapat dilakukan dengan ibadah tepat waktu, membantu orang tua, belajar dengan rajin, dan lain sebagainya.
    Kebiasaan bersikap disiplin demikian dapat menumbuhkan sifat positif lainnya dalam diri, misalnya tepat waktu, suka menolong, tanggung jawab, sopan santun, dan sebagainya. Oleh karena itu, Bapak berharap, seluruh siswa-siswi SD Negeri 02 Selokaton memiliki sikap yang demikian sehingga dapat membawa kebaikan bagi diri sendiri maupun orang lain.
    Demikian pesan dan juga nasihat yang dapat Bapak sampaikan mengena disiplin diri. Apabila terdapat kata-kata yang kurang tepat dan menyinggung, Bapak mohon maaf sebesar-besarnya. Semoga apa yang Bapak sampaikan dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat diamalkan dimanapun adik-adik berada. Sekian
    Wassalamualaikum Wr. Wb


    Demikianlah contoh pidato tentang disiplin yang semoga dapat menjadi referensi dalam membuat pidato-pidato mengenai kedisiplinan maupun pidato lainnya. Yang terpenting, dalam sebuah pidato, haruslah terdapat tiga bagian penting yaitu, pembukaan, isi, dan penutup. Jangan lupa untuk memberikan amanat dalam setiap pidato yang disampaikan.
    Disqus Comments