Tuesday, June 23, 2020

Contoh Kata Kerja Imperatif beserta Ciri-cirinya

Contoh kata kerja imperatif- Kata kerja adalah golongan kata yang memiliki fungsi untuk menjelaskan sebuah tindakan, aktivitas, pengalaman, mkeberadaan, maupun penjelasan dinamis lainnya. Kata kerja memiliki beragam jenis, salah satunya adalah kata kerja imperatif. Kata kerja jenis imperatif ini sering ditemukan pada kalimat poster yang berisi ajakan, larangan, perintah, teks prosedur dan lain sebagainya. Lalu, apakah kata kerja imperatif itu?


    Pengertian Kata Kerja Imperatif

    Yang dimaksud dengan Imperatif dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti sebuah bentuk perintah pada kalimat atau verba yang menyatakan sebuah larangan atau keharusan dalam melaksanakan perbuatan tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, kata kerja imperatif dapat didefinisikan sebagai kata kerja yang memiliki fungsi untuk memberikan perintah, larangan, ataupun keharusan kepada pendengar atau pembacanya. Sesuai dengan pengertiannya, kata kerja imperatif digunakan untuk memberikan sebuah perintah, larangan, bahkan ajakan kepada mitra tutur ataupun pembacanya. Selain itu, kata kerja imperatif juga dapat berfungsi sebagai sebuah bentuk ungkapan yang membiarkan atau memberikan izin terhadap suatu aktivitas, perbuatan, maupun hal tertentu.

    Ciri-Ciri Kata Kerja Imperatif

    Penggunaan kata kerja imperatif dalam sebuah kalimat memiliki beberapa ciri-ciri di antaranya, menggunakan intonasi meninggi pada awal kalimat dan intonasi merendah pada akhir kalimat, kemudian berisikan saran untuk seseorang, dikahiri tanda seru (!), berisi sebuah perintah yang agak kasar maupun permintaan yang sopan dan lembut, serta berisi konfirmasi mapun penyempurnaan.

    Ciri lain dari sebuah kata kerja imperatif adalah memiliki bentuk struktur kalimat yang inversi, yang berarti bahwa subjek dan juga predikatnya bersifat kabur atau tidak dapat ditentukan. Oleh karena itu, biasanya pelaku atau aktor dalam sebuah kalimat dengan kata keja imperatif tidak selalu diungkapkan.

    Contoh Kata Kerja Imperatif

    Untuk memperdalam pemahaman mengenai kata kerja imperatif, berikut adalah beberapa contoh kata kerja imperatif dalam sebuah kalimat. Kalimat yang memiliki kata kerja imperatif, disebut sebagai kalimat imperatif. Kalimat imperatif sendiri dibagi ke dalam beberapa jenis di antaranya, kalimat imperatif permintaan, kalimat imperatif larangan, kalimat imperatif ajakan, kalimat imperatif pembiaran, kalimat imperatif halus, kalimat imperatif transitif, kalimat imperatif intransitif, dan kalimat imperatif taktransitif. Berikut ini adalah contohnya.
    • Matikan telepon ketika sedang dalam proses belajar mengajar di kelas!
    • Jangan buang sampah sembarangan!
    • Lakukan pekerjaanmu dengan benar!
    • Hiduplah mandiri dan jangan bergantung kepada orang lain!
    • Tenang!
    • Ayo berangkat sekarang!
    • Harap tenang! Ujian Nasional sedang berlangsung.
    • Tolong berikan uang ini kepada orang membutuhkan di luar sana!
    • Jangan menyembunyikan kebenaran!
    • Silakan cicipi hidangan baru dari restoran kami!
    • Katakan padaku siapa dalang sebenarnya dari pencurian ini!
    • Mohon maafkan perkataan saya yang kurang sopan sebelumnya!
    • Mintalah keringanan UKT kepada pihak kampus, keuangan Ibu sedang sulit semenjak adanya wabah COVID-19 ini!
    • Marilah bersama-sama kita berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebelum memulai kegiatan pada pagi hari ini!
    • Hendaknya warga Indonesia saling bahu-membahu untuk menyelesaikan setiap permasalahan!
    • Biarkan saja dia tinggal di sini sementara, lagipula situasi saat ini sedang tidak memungkinkannya untuk pulang ke kampung halaman!


    Demikianlah contoh kata kerja imperatif beserta dengan pengertian dan juga ciri-cirinya. Kata kerja imperatif biasanya banyak digunakan dalam poster yang berisi ajakan, perintah, maupun larangan. Oleh karena itu, utuk mengasah kemampuan dalam membuat dan mengaenali kata kerja imperatif, cobalah temukan kata kerja imperatif pada poster-poster lalu kemudian buatlah poster versimu sendiri. Selamat mencoba!
    Disqus Comments