Tuesday, June 23, 2020

Contoh Kata Kerja Aktif dan Pasif beserta Implementasinya

Contoh kata kerja aktif - Kata adalah satuan bahasa yang dapat berdiri sendiri. Kata sendiri dibedakan ke dalam berbagai jenis di antaranya, kata benda, kata sifat, kata kerja, kata bilangan, kata keterangan, kata ganti, dan lain sebagainya. Dan yang akan kita bahas kali ini adalah salah satunya, yaitu kata kerja atau verba.




    Pengertian Kata Kerja dan Cirinya

    Kata kerja atau verba adalah salah satu golongan kata yang berfungsi untuk menjelaskan suatu tindakan atau aktivitas, pengalaman, keberadaan, serta penjelasan dinamis lainnya. Mudahnya, kata kerja atau verba merupakan sebuah kata yang memiliki makna melakukan suatu pekerjaan, perbuatan, ataupun kegiatan. Contohnya, belajar, menolong, mendaki, merancang, manyusun, tidur, makan, dan lain sebagainya.

    Kata kerja atau verba sendiri memiliki ciri-ciri di antaranya, bermakna melakukan sesuatu atau aktivitas, bermakna proses, dapat didahului dengan pernytaan waktu, dapat diperluas dengan menggunakan kata dengan+kata sifat, serta biasanya memiliki imbuhan me-, di-, ber-, dan lain sebagainya. Namun demikian, ada pula kaa kerja yang tidak memiliki imbuhan. Misalnya, tidur, makan, minum, duduk, dan sebagainya.

    Pengertian Kata Kerja Aktif dan Pasif

    Kata kerja sendiri dibagi ke dalam beberapa jenis. Berdasarkan objeknya, kata kerja dibagi menjadi kata kerja transitif dan intransitif. Kemudian berdasarkan bentuknya, kata kerja dibagi menjadi kata kerja dasar dan kata kerja turunan. Dan berdasarkan subjeknya dibedakan ke dalam kata kerja aktif dan pasif. Namun, kali ini yang akan dibahas pada materi ini adalah kata kerja aktif dan pasif.

    Kata kerja aktif adalah jenis kata kerja dimana subjeknya berperan atau memiliki posisi sebagai pelaku.  Oleh karena itu, biasanya kata kerja jenis ini memiliki imbuhan berupa me- atau ber-. Sedangkan kata kerja pasif adalah jenis kata kerja dimana subjeknya berperan atau memiliki posisi sebagai korban atau pihak yang dikenai pekerjaan dari kata tersebut. Imbuhan yang digunakan pada kata kerja jenis ini misalnya, di- atau ter-.

    Contoh Aplikasi Kata Kerja Aktif dan Pasif

    Untuk memperdalam pemahaman mengenai kata kerja aktif dan pasif, berikut adalah contoh kata kerja aktif dan pasif dalam sebuah kalimat.

    1. Kata Kerja Aktif

    • Fani memakai masker ketika hendak keluar rumah.
      • Kata memakai pada kalimat di atas berasal dari kata dasar pakai yang mendapat imbuhan me-. Karena telah mendapatkan imbuhan me- kalimat tersebut menjadi bermakna melakukan aktivitas.
    • Adik memakan kue nastar buatan Ibu dengan sangat lahap.
    • Ibu Reni memeriksakan anaknya ke dokter karena demamnya yang tak kunjung turun.
    • Adik belajar dengan giat karena sebentar lagi Ujian Nasional akan dilaksanakan.
    • Sofi membaca buku Seni Hidup Minimalis karya Francine Jay di sela waktu liburnya.

    2. Kata Kerja Pasif

    • Ikan lele hasil pancingan adik tadi sore digoreng oleh Ibu untuk lauk makan bersama.
      • Kata digoreng pada kalimat di atas berasal dari kata dasar goreng yang kemudian mendapat imbuhan di-. Karena imbuhan tersebut, kata tersebut menjadi kata dasar pasif yang berarti dikenai pekerjaan atau aktivitas.
    • Pohon pisang di belakang rumah Arda tersambar petir.
    • Minuman yang aku simpan di lemari es diminum oleh adik tanpa seizinku.
    • Mobil Sedan baru berwarna merah itu dikendarai oleh Paman Pedro dengan sangat hati-hati.


    Demikianlah contoh kata kerja aktif dan pasif beserta dengan pengertian dan juga cirinya. Untuk melatih pemahaman mengenai kata kerja aktif dan pasif, cobalah baca salah satu artikel di surat kabar, lalu tentukan jenis kata kerja apa yang digunakan pada setiap kalimatnya. Selamat belajar.
    Disqus Comments