Tuesday, June 23, 2020

Contoh Kalimat Majemuk Setara beserta Ciri-cirinya

Contoh kalimat majemuk setara- Kalimat majemuk adalah sebuah kalimat yang memiliki dua klausa atau lebih. Kedua klausa tersebut dihubungkan dengan menggunakan kata hubung atau sambung yang disebut dengan konjungsi. Dalam setiap satu klausa, setidaknya terdapat Subjek (S) dan Predikat (P). Oleh karena itu, dalam sebuah kalimat majemuk, biasanya akan ditemukan lebih dari satu subjek maupun predikat.

    Pengertian Majemuk Setara

    Berdasarkan jenis kata hubung atau sambung yang digunakan, kalimat majemuk dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu kalimat majemuk setara, kalimat majemuk rapatan, kalimat majemuk bertingkat, dan kalimat majemuk campuran.

    Kalimat majemuk setara sendiri adalah sebuah kalimat yang memiliki dua klausa atau lebih yang mana setiap klausa tersebut memiliki kedudukan yang setara atau sejajar. Kalimat majemuk setara memiliki sifat koordinatif, yang berarti bahwa setiap klausanya dapat berdiri sendiri apabila dipisah menjadi sebuah kalimat. Jenis kata hubung atau sambung yang biasa digunakan dalam kalimat majemuk setara di antaranya adalah, dan, lalu, sementara, sehingga, dan lain sebagainya.

    Ciri Kalimat Majemuk Setara

    Dari pengertian kalimat majemuk setara di atas, dapat ditarik sebuah ciri-ciri dari sebuah kalimat majemuk setara, yaitu klausa satu dan klausa lain memiliki kedudukan setara, bersifat koordinatif, setiap klausa dapat berdiri sendiri, dan umumnya menggunakan kata hubung berupa sebelum, dan, setelah, lalu, ketika, kemudian, bahkan, dan lain sebagainya.

    Jenis Kalimat Majemuk Setara

    1. Majemuk Setara Sejalan

    Kalimat majemuk setara sejalan adalah jenis kalimat majemuk setara yang ditandai dengan gabungan klausa dengan situasi yang sejalan atau sama. Kalimat mejemuk setara jenis ini biasanya menggunakan kata hubung berupa, sebelum, seperti, ketika, sesudah itu, dan lain sebagainya. Berikut adalah contoh kalimat majemuk setara sejalan.
    • Aku sedang belajar dan Arda sedang bernyanyi.
    • Aku sedang memakai masker ketika Friya mengeluarkan motor dari garasi.

    2. Majemuk Setara Berlawanan

    Kalimat majemuk setara berlawanan adalah jenis kalimat majemuk setara yang memiliki klausa dengan makna yang berlawanan atau bertentangan. Kata hubung atau sambung yang biasa digunakan untuk kalimat jenis ini misalnya, melainkan, tetapi, namun, dan lain sebagainya. Berikut adalah contoh kalimat mejemuk setara berlawanan.
    • Aku ingin makan nasi penyet, tetapi tidak ada warung penyet yang buka.
    • Aku ingin tidur lebih awal hari ini, namun pekerjaanku masih belum selesai.

    3. Majemuk Setara Sebab Akibat

    Majemuk setara sebab akibat adalah jenis majemuk setara yang menyatakan sebuah hubungan sebab akibat pada klausa satu dan yang lainnya. Jenis konjungsi yang banyak digunakan pada kalimat majemuk jenis ini di antaranya, akibatnya, sehingga, karena, dan lain sebagainya. Berikut adalah contoh kalimat majemuk setara sebab akibat.
    • Aku tidak dapat bergabung pada rapat virtual siang tadi karena jaringan internet di rumah sedang mati.
    • Dia keluar tanpa menggunakan masker, akibatnya ia mendapat teguran dari warga sekitar.

    4. Majemuk Setara Memilih

    Kalimat majemuk setara memilih adalah jenis kalimat majemuk setara yang menyatakan pilihan di antara dua hal. Biasanya, kata sambung yang digunakan dalam kalimat majemuk jenis ini adalah atau. Berikut adalah contoh kalimat majemuk setara memilih.
    • Aku masih merasa kebingungan ingin menghapus aplikasi instagram atau facebook.

    5. Majemuk Setara Penguat

    Kalimat majemuk setara penguat adalah jenis kalimat majemuk setara dimana satu klausa berisi sebuah penguatan terhadap klausa lainnya. Kalimat majemuk setara jenis ini biasanya menggunakan kata sambung berupa terlebih, bahkan, apalagi, dan lain sebagainya. Berikut adalah contoh kalimat majemuk setara penguat.
    • Sari adalah anak yang mandiri, bahkan ia memiliki pekerjaan paruh waktu untuk membiayai kebutuhannya sendiri.

    6. Majemuk Setara Berurutan

    Kalimat majemuk setara berurutan adalah jenis kalimat majemuk setara yang dimana klausa satu dengan lainnya menunjukkan sebuah urutan. Kalimat majemuk setara jenis ini ditandai dengan konjungsi berupa, setelah itu, kemudian, lalu, dan lain sebagainya. Berikut adalah contoh kalimat majemuk setara berurutan.
    • Aku selesai belajar bahasa Jepang, selanjutnya aku belajar bahasa Mandarin.


    Demikianlah contoh kalimat majemuk setara beserta dengan pengertian, ciri, dan juga jenis kalimatnya. Perlu diingat, untuk menentukan apakah sebuah kalimat merupakan jenis majemuk setara atau bukan, perhatikan pada konjungsi yang digunakan.
    Disqus Comments