Monday, June 22, 2020

Contoh Kalimat Konjungsi Temporal dan Implementasinya

Contoh kalimat konjungsi temporal- Dalam sebuah kalimat, seringkali kita mendengar kata ‘konjungsi’. Konjungsi merupakan sebuah kata yang digunakan untuk menghubungkan klausa satu dengan klausa lainnya dalam satu kalimat. Oleh karena berfungsi untuk menghubungkan atau menyambungkan, maka konjungsi disebut juga dengan kata sambung.


    Pengertian Konjungsi Temporal

    Konjungsi memiliki banyak jenis, salah satunya adalah konjungsi temporal. Konjungsi temporal erat sekali kaitannya dengan waktu. Konjungsi temporal sendiri adalah jenis konjungsi atau kata sambung yang menerangkan hubungan waktu dari dua peristiwa yang berbeda. Karena erat kaitannya dengan waktu, maka konjungsi satu ini banyak ditemukan dalam kalimat yang menjabarkan kronologis dalam suatu ejadian atau peristiwa.

    Jenis Konjungsi Temporal dan Contohnya

    Sebelum membahas lebih jauh tentang Contoh kalimat konjungsi temporal, Anda perlu mengetahui bahwa konjungsi temporal dibedakan menjadi dua jenis atau macam, yaitu konjungsi temporal sederajat dan konjungsi temporal tidak sederajat. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing jenis konjungsi tersebut.

    1. Konjungsi temporal sederajat

    Konjungsi temporal sederajat adalah jenis konjungsi yang banyak ditemukan pada kalimat majemuk setara. Definisi dari konjungsi temporal sederajat sendiri adalah jenis kata sambung yang digunakan untuk menunjukkan peristiwa atau kejadian dengan waktu yang sederajat atau sama. Konjungsi jenis ini biasanya diletakkan di tengah kalimat, tidak boleh di awal atau di akhir sebuah kalimat. Contoh dari konjungsi jenis ini di antaranya adalah sebelumnya, setelahnya, selanjutnya, lalu, sesudahnya, kemudian, dan lain sebagainya. Berikut adalah contoh penggunaan kata sambung temporal sederajat dalam sebuah kalimat.

    a. Zakia saat ini tengah mencuci bajunya, sebelumnya ia telah berbelanja di pasar dan memasak banyak makanan.
    b. Pertama-tama, kita masukkan terlebih dahulu kopi, air hangat, dan gula dengan perbandingan 1:1, setelahnya kita aduk terus-menerus hingga berbentuk foam atau busa.
    c. Aku sudah mendaftarkan Diah ke dalam sebuah forum diskusi virtual, selanjutnya kita tinggal mengikuti diskusi tersebut melalui kode aplikasi yang telah dibagikan.
    d. Aku mengumpulkan baju yang sudah tidak terpakai lalu menyumbangkannya ke sebuah badan amal untuk korban bencana.

    2. Konjungsi temporal tidak sederajat

    Kebalikan dari konjungsi temporal sederajat, konjungsi temporal tidak sederajat biasanya digunakan sebagai kata sambung pada kalimat yang tidak sederajat atau bertingkat. Oleh karena itu, jenis konjungsi ini banyak digunakan pada jenis kalimat majemuk. Konjungsi temporal tidak sederajat dapat diletakkan secara bebas, baik di awal kalimat, tengah kalimat, maupun akhir kalimat. Contoh dari konjungsi temporal tidak sederajat di antaranya adalah bila, demi, sementara, sejak, apabila, waktu, tatkala, sambil, ketika, manakala, semenjak, sebagainya, dan lain sebagainya. Berikut adalah contoh penggunaan kata sambung temporal tidak sederajat dalam sebuah kalimat.

    a. Bila Diah memiliki banyak uang, ia akan menonton konser musisi kesukaannya secara langsung.
    b. Demi mendapatkan nilai ujian yang bagus, Shavika belajar dengan giat siang dan malam.
    c. Dina memiliki keinginan untuk pergi ke Jepang, sementara saat ini uang tabungannya belum cukup.
    d. Sejak bertemu di OSPEK kampus, kami berdelapan menjadi sangat dekat dan sering bermain bersama.
    e. Apabila waktu dapat diputar kembali, aku ingin kembali ke masa kecil dan bermain layang-layang bersama teman-teman.
    f. Ketika masih kecil, aku senang sekali bermain kelereng bersama teman-teman sepulang dari sekolah.


    Demikianlah contoh konjungsi temporal beserta dengan pengertian serta jenis-jenisnya. Cobalah untuk menemukan kata konjungsi lebih banyak di surat kabar dan cobalah identifikasi jenis konjungsi apakah tersebut. Hal demikian dapat memperdalam pemahaman mengenai jenis konjungsi dan juga memperkaya perbendaharaan kata. Selamat belajar.
    Disqus Comments