Sunday, June 21, 2020

Contoh Kalimat Konjungsi Kausalitas dan Implementasinya

Contoh kalimat konjungsi kausalitas - Konjungsi adalah kata penghubung yang menghubungkan klausa satu dengan klausa lainnya dalam sebuah kalimat. Bedanya dengan preposisi, preposisi adalah kata penghubung yang menghubungkan satuan kalimat dalam sebuah klausa.

    Pengertian Konjungsi Klausalitas

    Terdapat dua jenis konjungsi, yaitu konjungsi kausalitas dan juga konjungsi kronologis. Konjungsi kausalitas adalah kata penghubung yang menghubungkan klausa satu dengan klausa lainnya yang menunjukkan sebuah hubungan sebab akibat. Misalnya, karena, jika, oleh karena itu, dan lain sebagainya.
    Sedangkan konjungsi kronologis adalah kata penghubung yang menghubungkun klausa satu dengan klausa lainnya yang yang menunjukkan urutan waktu kejadian. Contoh dari konjungsi kronologis di antaranya, lalu, setelah, kemudian, selanjutnya, dan lain sebagainya.
    Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kalimat konjungsi kausalitas adalah sebuah kalimat yang didalamnya terdapat konjungsi klausalitas.

    Jenis Konjungsi Klausalitas dan Contohnya

    Sebelum berbicara tentang Contoh kalimat konjungsi kausalitas, perlu diketahui bahwa konjungsi klausalitas masih dibagi lagi ke dalam lima jenis, yaitu konjungsi kausal syarat, konjungsi kausal alasan, konjungsi kausal simpulan, konjungsi kausal akibat, dan konjungsi kausal untuk. Berikut adalah penjelasan setiap jenis konjungsi kausalitas tersebut beserta dengan contohnya.

    1. Konjungsi Kausal Syarat

    Konjungsi kausal syarat adalah jenis konjungsi yang menunjukkan hubungan sebab akibat dengan menyebutkan syarat terjadinya. Contoh konjungsi jenis ini adalah jika, kalau, dan bila. Berikut adalah contoh kalimatnya.
    a. Wabah covid-19 akan berakhir jika masyarakat mematuhi peraturan yang telah ditetapkan.b. Aku akan datang bila aku aku boleh mengajak seorang teman untuk turut hadir dalam pestamu.

    2. Konjungsi Kausal Alasan

    Konjungsi kausal alasan adalah jenis konjungsi kausal yang menyebutkan alasan dari terjadinya sebuah akibat tersebut. Jenis konjungsi kausal alasan misalnya adalah karena. Berikut adalah contoh kalimat konjungsi kausal alasan.
    Penduduk desa berpindah ke kota karena kurangnya lapangan pekerjaan di desa.

    3. Konjungsi Kausal Simpulan

    Konjungsi kausal simpulan adalah jenis konjungsi kausal yang menyebutkan simpulan dari sebuah kejadian. Jenis konjungsi kausal simpulan di antaranya adalah jadi dan dengan demikian. Berikut adalah contoh kalimat dari konjungsi kausal simpulan.
    a. Jadi, inti permasalahan dari terjadinya cyberbullying adalah karena kurangnya tanggung jawab dari pengguna internet dalam memanfaatkan teknologi.b. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa cyberbullying adalah sebuah tindakan negatif yang harus dihindari.

    4. Konjungsi Kausal Akibat

    Konjungsi kausal akibat adalah jenis konjungsi yang menjelaskan akibat dari sebuah sebab. Jenis konjungsi kausal akibat di antaranya adalah sehingga, maka, oleh sebab itu, dan oleh karena itu. Berikut adalah contoh kalimat dari konjungsi kausal akibat.
    a. Oleh karena itu, meskipun kebebasan pendapat diberikan, setidaknya kita harus tetap menjaga kesantunan dalam menyampaikan suatu pendapat.b. Rudi sering berbohong kepada teman-temannya, sehingga ia tidak lagi dipercaya.

    5. Konjungsi Kausal Untuk

    Terakhir adalah konjungsi kausal untuk. Konjungsi ini merupakan jenis konjungsi yang menyatakan bahwa sebuah sebab harus mebentuk sebuah akibat. Jenis dari konjungsi kausal untk di antaranya adalah agar dan untuk itu. Berikut adalah contoh kalimat untuk konjungsi kausal untuk.
    a. Kita harus selalu memakai masker ketika keluar rumah agar terhindar dari penularan virus korona.b. Untuk menjaga keamanan desa, untuk itu perlu dilakukan sistem jaga atau ronda setiap malam secara teratur.

    Demikianlah contoh kalimat konjungsi kausalitas beserta dengan pengertian dan jenis-jenisnya. Untuk mengenal lebih jauh konjungsi kausal, cobalah mencari contoh kalimat yang mengandung konjungsi dalam surat kabar atau buku lainnya dan tentukan jenis konjungsinya.
    Disqus Comments