Saturday, June 20, 2020

Contoh Gambar 2 Dimensi dan Pengertiannya

Contoh gambar 2 dimensi- Vincent Van Gogh dan juga Raden Saleh Sjarif Boestaman, tentu saja adalah dua nama yang tidak asing lagi di telinga semua orang. Ya, mereka adalah salah dua seniman seni rupa 2 dimensi yang banyak disegani. Lalu, apakah seni rupa 2 dimensi tersebut?
source: sumberpengertian.id


    Berawal dari kata seni. Seni merupakan sebuah ekspresi perasaan manusia yang kemudian diungkapkan dalam sebuah media yang kemudian memiliki unsur keindahan atau estetika tersendiri. Seni memiliki bentuk yang beragam, mulai dari gerak, nada, syair, dan juga rupa.
    Seni rupa sendiri adalah sebuah cabang dari seni yang hasil karyanya dapat dinikmati sekaligus dapat dirasa, dilihat dan diraba dengan menggunakan indra. Berdasarkan wujudnya, seni rupa dibagi menjadi dua, yaitu seni rupa 2 dimensi dan juga seni rupa tiga dimensi.

    Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi

    Seni rupa dua dimensi adalah salah satu jenis dari karya seni rupa yang hanya terdiri atas dua sisi saja, yaitu sisi panjang dan juga sisi lebar. Oleh karena itu, tidak ditemukan ruang pada hasil seni rupa2 dimensi. Hal tersebut dikarenakan seni rupa 2 dimensi tidak memiliki ketebalan.
    Dalam pembuatan hasil karya seni rupa 2 dimensi, terdapat beberapa unsur yang berperan di dalamnya. Unsur tersebut antara lain, garis (line), raut (bidang dan bentuk), ruang, tekstur (bark), gelap-terang, dan juga warna. Keseluruhan unsur tersebut berperan dalam menciptakan sebuah karya seni rupa 2 dimensi yang memiliki nilai estetika yang tinggi.

    Contoh Gambar 2 Dimensi

    Hasil karya seni rupa 2 dimensi umumnya dibuat, digambar, atau dilukis pada sebuah kanvas, papan kayu, plastik, dan benda dua dimensi lainnya. Berikut adalah contoh gambar 2 dimensi.

    1. Lukisan

    Lukisan adalah sebuah hasil karya seni rupa 2 dimensi yang proses pembuatannya dilakukan dengan menggunakan cat, alat kuas lukis, kanvas, pisau palet, dan juga peralatan lainnya. Proses pembuatannya biasanya dilakukan dengan cara menggoreskan cat di atas permukaan kanvas hingga membentuk motif, gambar, garis, ataupun bentuk tertentu yang memiliki nilai estetika tersendii.

    2. Seni Grafis

    Berbeda dengan lukisan, proses pembuatan seni grafis biasanya dilakukan dengan menggunakan cetakan. Misalnya, cetakan kayu, sablon, dan juga stempel.

    3. Gambar

    Hasil karya 2 dimensi satu ini biasanya banyak dilakukan untuk memberikan pelatihan menggambar pada anak-anak di Sekolah Dasar. Namun, bukan tidak mungkin jika ditekuni hal tersebut dapat menjadi profesi tersendiri. Gambar sendiri adalah hasil karya seni rupa 2 dimensi yang proses pembuatannya menggunakan media pensil dan juga kertas gambar. Mudah untuk ditiru dan digambar oleh anak SD.

    4. Desain Komunikasi Visual

    Hasil karya seni rupa 2 dimensi satu ini tergolong cukup modern. Pasalnya, proses pembuatan karya satu ini dilakukan dengan menggunakan bantuan teknologi. Desain Komunikasi Visual atau desain grafis dibuat dengan aplikasi komputer yang kemudian dicetak di atas sebuah kertas menggunakan bantuan printer atau mesin pencetak.

    5. Fotografi

    Pastinya sudah tidak asing lagi dengan hasil karya 2 dimensi satu ini. Pembuatan hasil karya satu ini biasanya dilakukan dengan menggunakan bantuan kamera. Fotografi sendiri adalah sebuah seni atau proses menghasilkan gambar dan cahaya pada film.

    6. Batik

    Ya. Batik yang merupakan kain warisan budaya Indonesia yang telah dikuuhkan sebagai Warisan Kemanusiaan Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 tersebut juga merupakan salah satu hasil karya seni rupa 2 dimensi. Karya satu ini memanfaatkan media kain dan pewarna yang beragam mulai dari yang alami hingga sintetis.

    Demikianlah beberapa contoh gambar 2 dimensi beserta dengan pengertiannya. Pembuatan karya seni rupa 2 dimensi tersebut dapat dilakukan dengan beragam teknik. Misalnya, teknik plakat, kolase, transparan, 3M (melipat, menggunting, dan merekat) dan lain sebagainya.
    Disqus Comments