Thursday, June 18, 2020

Cara Membuat Surat Izin Sakit Sekolah Untuk Anak

Cara membuat surat izin sakit sekolah - Saat sedang sakit dan kondisi tubuh tidak memungkinkan untuk berangkat ke sekolah, siswa SD, SMP, dan SMA diwajibkan untuk membuat sebuah surat resmi yang menerangkan bahwa mereka tidak dapat masuk sekolah. Surat inilah yang disebut dengan surat izin sakit sekolah.


    Surat izin sakit sekolah merupakan jenis surat yang bersifat pribadi, karena tidak dikeluarkan oleh sebuah instansi atau lembaga. Oleh karena itu, dalam pembuatnnya juga tidak disertai dengan kop surat. Akan tetapi, surat izin sekolah merupakan jenis surat pribadi yang bersifat resmi, karena dikirimkan kepada instansi atau lembaga resmi, yaitu sekolah. Oleh karena itu, pembuatannya memiliki format tersendiri. Berikut adalah format dalam menulis surat izin sakit sekolah beserta dengan contohnya. Agar anda bisa menulis surat sakit ini dengan cepat, saya sarankan juga anda membaca artikel membuat surat sakit yang benar.

    1. Tanggal Surat

    Bagian ini berisi tanggal saat surat tersebut dibuat atau tanggal izin sakit. Tanggal surat merupakan identitas sebuah surat, maka penting untuk mencantumkan tanggal surat agar penerima tidak merasa kebingungan.

    2. Alamat Penerima

    Bagian alamat penerima diisi dengan alamat instansi atau sekolah yang dituju. Bagian ini juga merupakan identitas surat, oleh karena itu harus dituliskan dengan benar dan jelas.

    3. Salam Pembuka

    Surat resmi selalu diawali dengan salam pembuka. Oleh karena itu, sebelum berlanjut ke isi surat, tuliskan terlebih dahulu salam pembuka sebagai bentuk penghormatan kepada penerima.

    4. Isi Surat

    Isi surat berisi mengenai siapa siswa yang hendak izin beserta dengan alasan dan waktunya. Karena ini adalah surat resmi, maka tuliskan dengan bahasa yang baik baik dan benar, sehingga penerima dapat memahami tujuan surat tersebut dengan baik.

    5. Salam Penutup

    Salam penutup berisi bentuk ungkapan terima kasih serta penghormatan kepada penerima. Salam pembuka dan penutup dapat dilakukan dengan menggunakan salam yang sesuai dengan agama ataupun kepercayaan masing-masing. Namun, umumnya, salam pembuka pada surat menggunakan “dengan hormat”. Sedangkan salam penutup menggunakan kata “hormat saya”.

    6. Nama Pengirim

    Nama pengirim diisi oleh pembuat surat. Biasanya nama pengirim disertai dengan tanda tangan dari pengirim tersebut. Bagian ini adalah identitas sekaligus legalitas dari sebuah surat.
    Untuk memahami lebih lanjut, berikut adalah contoh surat izin sakit sekolah beserta dengan format-format yang telah ditentukan.


    Karanganyar, 11 Juni 2020
    Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-Akuntansi 2
    SMK Negeri 6 Surakarta

    Dengan hormat,

    Dengan ini, saya selaku orang tua dan juga wali murid dari siswa.
    Nama : Lima Hapsari
    Kelas : X Akuntansi 2
    No. Absen : 36
    Alamat : Jl. Raya Solo-Purwodadi Km 12, Karanganyar

    Melalui surat ini, saya ingin memberitahukan bahwa siswa dengan nama tersebut tidak dapat mengikuti pelajaran di sekolah pada hari ini, Kamis, 11 Juni 2020, dikarenakan sakit. Oleh karena itu, besar harapan saya kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X Akuntansi 2 untuk memberikan izin hingga anak tersebut sembuh.

    Demikian surat ini saya buat. Atas izin yang Bapak/Ibu Wali Kelas berikan, saya ucapkan terima kasih.

                                                                                                                        Hormat saya,


                                                                                                                           Supeno


    Demikianlah cara membuat surat izin sakit sekolah. Surat izin sakit sekolah biasanya dibuat oleh orang tua atau wali murid untuk memberitahukan bahwa anaknya tidak dapat masuk. Oleh karena itu, pada nama pengirim diisi dengan nama dari wali murid. Selain dengan menggunakan surat izin sakit sekolah, orang tua dapat menggunakan surat sakit yang diberikan oleh dokter ketika berobat.
    Disqus Comments