Tuesday, June 16, 2020

Cara Membuat Kerajinan dari Sabun Mandi Batang

Cara Membuat Kerajinan dari Sabun - Kerajinan tangan adalah sebuah kegiatan untuk menciptakan sebuah produk dengan menggunakan tangan, sehingga dapat memiliki nilai jual atau estetika tersendiri. Kerajinan tangan dapat dilakukan dengan menggunakan beragam bahan. Salah satu bahan yang sering digunakan adalah sabun.
gambar kerajinan sabun
source: masnid.com



    Mengapa Sabun?

    Sabun menjadi salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat kerajinan tangan karena sifatnya yang mudah dibentuk, memiliki aroma yang wangi, harganya yang terjangkau, dan juga mudah didapatkan. Kerajinan tangan dari sabun ini dapat dijadikan sebagai hiasan atau pewangi ruangan dan juga sebagai alat mengasah kreatifitas anak sekolah. Akan tetapi, kerajinan berbahan dasar sabun juga memiliki kekurangan, di antaranya tidak kedap air serta mudah rusak, sehingga tidak dapat dikirimkan atau di jual ke tempat yang jauh.
    Karena sifatnya yang mudah di bentuk, sabun dapat dibuat atau diukir dengan kemauan. Kreativitas serta keterampilan dalam memahat tentu saja sangat diperlukan dalam hal ini. Sabun sebagai bahan kerajinan tangan dapat dibentuk beragam di antaranya, asbak rokok, ikan, bunga, mobil, hewan, dan lain sebagainya.

    Teknik Membuat Kerajinan Sabun

    Dalam membuat kerajinan tangan berbahan dasar sabun, terdapat dua jenis teknik yang dapat diterapkan. Pertama adalah teknik ukir atau pahat. Kedua adalah teknik leleh dan cetak (melt and pour). Teknik ukir atau pahat memerlukan kemampuan ukir atau pahat seperti halnya memahat kayu. Untuk mengukir sabun, biasanya digunakan pisau ukir atau alat pahat yang lainnya.
    Kemudian, teknik leleh dan cetak (melt and sour) adalah teknik yang dilakukan dengan cara melelehkan sabun terlebih dahulu dan mencampurkannya dengan bahan-bahan tertentu, hingga kemudian dituang dalam sebuah cetakan dengan bentuk yang diinginkan. Teknik leleh dan cetak, cenderung lebih mudah untuk dilakukan dari pada teknik ukir. Pada tutorial ini juga tidak digunakan tepung maizena karena dapat membuat hasil kerajinan lama keringnya.

    Cara Membuat Kerajinan dari Sabun dengan Cara Diukir

    Untuk membuat sebuah kerajinan tangan berbahan dasar sabun dengan cara diukir atau dipahat, berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan.

    Siapkan konsep

    Konsep sangat diperlukan sebelum memulai melakukan sesuatu. Membuat konsep sebelum bekerja dapat meminimalisasi kesalahan dalam bekerja. Dengan demikian, pekerjaan akan menjadi lebih praktis. Dlaam hal ini, konsep yang harus disiapkan adalah gambar atau bentuk dari sabun yang diinginkan. Oleh karena itu terlebih dahulu, tuangkan konsep tersebut ke dalam sebuah gambar.

    Siapkan alat dan bahan

    Setelah membuat konsep, langkah selanjutnya adalah menyiapkan alat dan bahan. Karena kerajinan ini berbahan dasar sabun, tentu saja bahan yang harus disiapkan adalah sabun, tepatnya sabun mandi berbentuk batang. Anda bisa menggunakan sabun merk GIV, lifebuoy, shinzui, asepso, dan lain-lain. Kemudian untuk alatnya, gunakan pisau ukir.

    Ukir Sabun

    Sebelum mulai mengukir sabun, terlebih dahulu bersihkan atau hilangkan motif sabun yang biasanya terdapat pada permukaan sabun. Setelah motif atau logo dihilangkan, maka langkah selanjutnya adlaah memotong ujung sabun agar bentuknya tidak lagi lancip.
    Setelah kedua hal tersebut dilakukan, maka mulailah untuk mengukir sabun menjadi bentuk yang diinginkan. Untuk membuat bentuk yang simetris, gunakan bantuan garis vertikal yang membagi sabun menjadi kanan dan kiri. Ukir sabun sesuai dengan sketsa yang telah dibuat sebelumnya.

    Bersihkan serbuk sabun

    Jika ukiran telah selesai dibuat, maka langkah selanjutnya adalah membersihkan serbuk sabun dari ukiran. Membersikan serbuk sabun dapat dilakukan dengan cara ditiup. Atau jika serbuk tersebut menempel pada pahatan, gunakan alat pahat untuk merapikannya.

    Kemas dengan menarik

    Setelah serbuk sabun dibersihkan dan ukiran menjadi rapi. Kemas ukiran tersebut dengan kemasan yang menarik.


    Demikianlah cara membuat kerajinan dari sabun dengan teknik ukir. Agar Sisa sabun dan juga serbuk dari kerajinan dengan teknik ukir ini tidak terbuang sia-sia, manfaatkan untuk membuat kerajinan sabun lainnya dengan teknik melt and sour. Dengan demikian sisa sabun akan memiliki nilai guna lainnya.

    Disqus Comments