Saturday, June 13, 2020

Buat Bingkai Foto Dari Kardus Gampang Banget

Bingkai foto dari kardus- Barang bekas yang ada di sekitar, dapat dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan. Salah satu barang bekas yang sering kita temui dan dapat dimanfaatkan untuk kerajinan tangan adalah kardus. Kardus bekas dapat dimanfaatkan untuk membuat beragam kerajinan tangan, salah satunya adalah bingkai foto. Selain menghemat pengeluaran, bingkai foto yang dibuat sendiri menggunakan kardus bekas juga dapat di desain dan dihias sesuai dengan kemauan. Berikut adalah langkah-langkah membuat bingkai foto dari kardus bekas. 



1. Buat Konsep Bingkai Foto

Sebelum memulai membuat bingkai foto dari kardus bekas, mula-mula buatlah konsep bingkai foto yang diinginkan. Membuat konsep sebelum bekerja, akan memudahkan pekerjaan dan tentunya meminimalisasi kesalahan pembuatan. Gambarkan konsep dalam sebuah kertas, tentukan foto yang akan dibuat bingkai, tentukan pula ukuran dari bingkai, model bingkai, hingga hiasan dari bingkai foto. Gambar bisa mulai Anda buat di kertas ukuran F4 atau kertas ukuran A4 yang biasa digunakan untuk membuat latar belakang makalah skripsi.

2. Siapkan Alat dan Bahan


Langkah selanjutnya, siapkan alat dan bahan yang diperlukan. Untuk membuat sebuah bingkai foto, bahan yang diperlukan antara lain, kardus dan juga komponen dekoratif atau hiasan. Kemudian alat yang dibutuhkan antara lain, pensil, pengharis, penghapus, cutter atau gunting, dan juga komponen perekat atau lem.

3. Buat Bagian Bingkai Foto


Setelah alat dan bahan disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuat bagian bingkai foto. Untuk membuat bagian bingkai foto, tentukan ukuran foto yang akan di bingkai dan juga ukuran lebar bingkai. Misal, ukuran foto yang akan kamu bingkai adalah 10x10 cm dan kamu menginginkan lebar bingkai 5 cm, maka ukurang bagian bingkai yang harus kamu potong adalah 15x15 cm. Lebar 5cm tersebut merupakan bagian dari sisi bingkai. Buat garis sesuai ukuran yang diinginkan di kardus, kemudian potong.

4. Buat Lubang Foto

Setelah bagian bingkai dipotong, maka langkah selanjutnya adalah membuat lubang untuk foto pada potongan kardus tersebut. Caranya, letakkan foto yang akan dibingkai di atas kardus yang telah dipotong. Kemudian, buat garis mengelilingi foto tersebut dengan menggunakan pensil. Setelah itu, potong kardus tersebut sesuai dengan garis yang telah digambar.

5. Buat Inner Liner

Inner liner atau garis dalam bingkai dibuat dengan tujuan untuk membuat bingkai menjadi lebih indah. Cara membuatnya, siapkan kertas berwarna merah atau putih dengan ketebalan sedang. Kemudian potong seukuran dengan bingkai foto sebelumnya. Potong atau buat lubang pada bagian tengah dengan ukuran lebih kecil dari bingkai foto sebelumnya.

6. Hias Bingkai Foto


Langkah selanjutnya, hias bingkai foto sesuai dengan keinginan dan konsep yang telah ditentukan. Menghias bingkai foto dapat dilakukan dengan berbagai macam bahan, di antaranya adalah daun kering, pita, bunga kering, koran, kertas berwarna, dan lain sebagainya.

7. Buat Bagian Alas atau Belakang Foto

Setelah bingkai selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat bagian belakang dari bingkai foto atau alas dari bingkai foto. Caranya mudah, potong kardus sesuai dengan ukuran bingkai sebelumnya. Tidak perlu diberi lubang, karena ini adalah bagian alas. Kemudian, oleskan lem pada bagian tepinya. Tempelkan dengan bagian bingkai foto dari kardus yang sebelumnya telah dibuat. Urutan pemasangannya dimulai dari bagian paling belakang adalah alas bingkai, foto, plastik mika bening, inner liner, dan bagian paling atas adalah bingkai foto.

8. Pasang Penyangga atau Tali

Jika bingkai foto ingin diletakkan di meja, maka langkah selanjutnya adalah membuat penyangga. Caranya pun cukup mudah. Buatlah gambar berpola dasi, kemudian potong dan rekatkan pada bagian belakang foto. Namun, jika bingkai foto ingin digantung, maka beri tali penyangga pada bagian atas bingkai foto.

Itulah langkah-langkah membuat bingkai foto dari kardus bekas. Membuat kerajinan tangan dengan barang bekas dapat membantu menghemat pengeluaran uang dan juga mengurangi sampah yang ada di sekitar. Selain membuat bingkai foto, banyak sekali kerajinan tangan yang dapat dikreasikan dari sebuah kardus bekas. Selamat mencoba!

Sumber gambar: https://www.instructables.com/id/Very-Easy-DIY-Cardboard-Photo-Frame/
Disqus Comments