Friday, June 12, 2020

Teks Deskripsi - Pengertian, Struktur, Contoh

Apa yang dimaksud dengan teks deskripsi?- Ketika menjumpai sebuah benda, hal yang pertama kali tertangkap oleh indra kita adalah, bentuk, warna, aroma, suaranya, dan rasa. Jika dirangkai dalam sebuah tulisan, hal tersebut akan menjadi sebuah teks deskripsi. Apa yang dimaksud dengan teks deskripsi?

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah jenis teks yang disampaikan dengan cara menggambarkan atau mendeskripsikan detail dari sebuah objek, peristiwa, maupun tempat yang sedang dibicarakan. Penggambaran atau deskripsi tersebut ditujukan agar pembaca seolah-olah dapat merasakan apa yang sedang dijelaskan oleh penulis. Oleh karena itu, berbeda dengan teks eksposisi, teks deskripsi memiliki ciri-ciri di antaranya, paragrafnya menggambarkan atau mengilustrasikan sebuah objek, menjelaskan dengan secara detail atau rinci objek tersebut berdasarkan apa yang ditangkap oleh indra, membuat pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang dibicarakan atau dideskripsikan, serta menjelaskan mengenai ciri fisik dari apa yang sedang dibahas atau dideskripsikan.

Baca juga: Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas: Ciri-ciri

Stuktur Teks Deskripsi

Sturktur dari teks deskripsi, dibagi ke dalam 4 bagian, yaitu identifikasi, klasifikasi, deskripsi, dan juga penutup. Berikut adalah penjelasan dari setiap bagian tersebut.

1. Indentifikasi

Bagian identifikasi berisi mengenai identitas objek, benda, atau peristiwa yang akan dideskripsikan. Dengan memberikan identitas dari benda ini terlebh dahulu, pembaca akan lebih mudah memahami nantinya benda apa yang akan dideskripsikan.

2. Klasifikasi

Klasifikasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah penyususnan bersistem dalam kelompok atau golongan menurut kaidah atau standar yang ditetapkan. Dalam hal ini, klasifikasi digunakan untuk memberikan gambaran kepada pembaca secara lebih jelas mengenai jenis objek apakah yang akan dibicarakan.

3. Deskripsi

Pada bagian deskripsi, gambaran mengenai objek atau benda yang menjadi topik pembahasan sudah mulai dijelaskan dengan mendetail atau rinci. Gambaran yang dijelaskan dalam bagian ini merupakan bagian dari klasifikasi yang kemudian dijelaskan kembali dengan lebih mendalam. Untuk mendeskripsikan suatu objek atau benda, biasanya digunakan kesan atau tangkapan dari alat indra. Misalnya, warna dari benda, suara yang dikeluarkan, bentuk enda tersebut, tekstur permukaan dari benda, rasa, bau atau aroma dari benda tersebut dan lain sebagainya.

4. Penutup

Seperti halnya jenis teks lain, penutup berisi mengenai simpulan dari topik yang dibahas pada bagian-bagian sebelumnya atau penegasan mengenai objek atau benda tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Daftar Isi Manual dan Otomatis yang Rapi di MS Word

Contoh Teks Deskripsi

Untuk memahami teks deskripsi secara lebih mendalam, perhatikan contoh berikut.

Bella. Bella adalah nama dari kucing yang berada di rumah kos yang saat ini aku tempati. Bella bukanlah kucingku. Ia adalah kucing milik temanku. Bella diadopsi dari pemilik sebelumnya sekitar tahun 2019 lalu.

Bela adalah kucing yang menggemaskan. Bukan Birman, Chincilla, atau Ragdoll. Bella termasuk jenis kucing ras persia. Meskipun tergolong belum terlalu lama diadopsi, Bella sudah mengenal pemiliknya dengan baik. Ia adalah kucing yang penurut dan manis.
Bella memiliki bulu yang lebat dengan perpaduan warna abu-abu dan putih. Bela berukuran cukup besar. Ia memiliki mata hitam yang cantik. Suaranya sangat lirih. Bukan karena lapar, tapi memang itulah suaranya. Ketika lapar, ia akan kembali ke kandang dan duduk di depan mangkok makannya. Seakan memberikan tanda kepada pemiliknya bahwa ia ingin makan. Bella adalah kucing persia yang sangat cantik dan manis.



Nah, itulah jawaban dari pertanyaan “Apa yang dimaksud dengan teks deskripsi?”. Jika saat ini kamu tengah melihat sebuah benda di sekelilingmu, cobalah berlatih untuk mendeskripsikan benda atau objek tersebut. Selamat belajar.
Disqus Comments