Wednesday, June 10, 2020

Apa itu Teks Eksplanasi - Pengertian, Ciri, Struktur, Contoh

Apa itu teks eksplanasi - Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang menceritakan proses terjadinya sebuah peristiwa, baik alam maupun sosial. Dalam sebuah teks eksplanasi, biasanya dijelaskan hubungan sebab akibat dari peristiwa yang dibicarakan. Mengapa peristiwa tersebut terjadi? Serta bagaimana peristiwa tersebut dapat terjadi? Jenis teks ini biasanya banyak dijumpai salah satunya pada penulisan berita atau juga pada buku pelajaran.


Gambar Orang Mengetik

Pengantar

Ketika membaca sebuah berita, di dalamnya akan ditemukan fakta, data, serta teori yang dituliskan dalam rangkaian kata. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada pembaca mengenai peristiwa yang hendak dikabarkan berdasarkan apa yang terjadi di lapangan. Oleh karena itu, biasanya teks eksplanasi memiliki ciri-ciri di antaranya, ilmiah, logis, dan juga objektif.

Baca juga: Daftar Riwayat Hidup: Tips Menulis dan Contoh Untuk Lamaran Kerja yang Disukai HRD

Struktur Dalam Teks Eksplanasi

Struktur dalam teks eksplanasi dibagi ke dalam 3 bagian, yaitu pernyataan umum, deretan penjelas (isi), dan interpretasi. 

  • Pernyataan Umum 

    • Biasanya berisi definisi, sejarah, latar belakang, maupun klasifikasi. 

  • Deretan Penjelas

    • Kemudian pada bagian penjelas biasanya berisi mengenai hubungan sebab akibat dari peristiwa tersebut. 

  • Interpretasi

    • Sedangkan bagian interpretasi biasanya bersifat opsional. Bisa ditulis, bisa juga tidak. Bagian tersebut biasanya berisi mengenai intisari maupun simpulan dari apa yang telah dijelaskan sebelumnya dalam pernyataan umum dan deretan penjelas. 
Untuk lebih memahami mengenai teks interpretasi, simak contoh teks dengan judul “Mengenal Virus Corona” berikut.

Pernyataan Umum

Virus corona atau coronavirus merupakan sebuah kelompok virus yang menyerang sistem pernafasan manusia. Tidak hanya manusia, virus ini juga dapat menyerang binatang. Dalam sejarahnya, terdapat beberapa penyakit yang diakibatkan oleh coronavirus di antaranya, MERS (Middle East Respiratory Syndrome) yang pertama kali ditemukani di Timur Tengah pada tahun 2012, SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) yang mewabah pertama kali di China pada tahun 2002, serta yang baru-baru ini ditemukan adalah COVID-19 yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China.


Baca juga: Resensi Buku: Contoh dan Unsur Terkandung Di Dalamnya

Isi

Virus selalu bermutasi. Nah, penyakit yang saat ini tengah dihadapi oleh berbagai negara di belahan dunia adalah COVID-19. Penyakit COVID-19 disebabkan oleh virus korona jenis baru. Virus dan juga penyakit ini awalnya ditemukan di Wuhan, China pada bulan Desember 2019. 
Virus korona menular melalui droplets atau cairan tubuh yang keluar saat seseorang bersin, batuk, atau berbicara. Oleh karena itu, pemerintah menganjurkan untuk selalu menggunakan masker dan juga rajin menjaga kebersihan dengan sering-sering mencucu tangan. 
Virus jenis baru ini, biasanya akan memberikan gejala berupa demam, batuk kering, dan juga rasa lelah bagi penderitanya. Namun, pada penderita COVID-19 dengan riwayat penyakit tertentu, dapat menyebabkan kesulitan bernapas, tekanan dada, bahkan juga kehilangan kemampuan bergerak ataupun berbicara. Pada beberapa kasus, ditemukan pasien COVID-19 tanpa gejala. Karena hal tersebutlah penyakit ini dapat menyebar dengan cepat.

Simpulan 

Penyebaran virus korona memanglah cepat. Bahkan, saat ini jumlah pasien COVID-19 di Indonesia juga terus bertambah. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Dengan mengikuti anjuran yang diberikan pemerintah, yaitu menggunakan masker setiap keluar rumah, rajin mencuci tangan, serta keluar rumah seperlunya, maka resiko Anda untuk tertular virus ini juga akan semakin kecil.

Di atas adalah contoh dari teks eksplanasi yang menjelaskan mengenai penyakit COVID-19. Dalam pernyataan umum teks di atas, dijelaskan mengenai definisi dari virus korona serta latar belakang dari virus tersebut. Kemudian pada bagian deretan penjelas dijelaskan lebih lanjut mengenai bagaimana COVID-19 dapat muncul dan akibatnya bagi tubuh jika sampai tertular. Kemudian pada bagian simpulan, dituliskan mengenai simpulan dari tulisan tersebut.

Baca juga: Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal Sesuai dengan Ketentuan


Itulah jawaban dari pertanyaan “Apa itu teks eksplanasi?” yang perlu diketahui. Satu hal yang perlu diingat, bahwa teks eksplanasi selalu menyajikan data dan fakta yang sesuai dengan realita. Selain contoh di atas, artikel yang sedang kamu baca saat ini, juga merupakan jenis teks eksplanasi, lho.
Disqus Comments