Wednesday, June 17, 2020

Ancaman Non Militer Bidang Ekonomi Ideologi Politik

Contoh ancaman non militer- Ancaman adalah sebuah tindakan atau usaha yang dilakukan oleh individu ataupun kelompok yang berpotensi membahayakan keselamatan individu maupun kelompok lainnya. Bentuk ancaman juga dapat terjadi dalam lingkup dalam negeri maupun luar negeri. Ancaman tidak berarti selalu perang dengan senjata tajam. Oleh karena itu, ancaman dibedakan menjadi dua, yaitu ancaman militer dan ancaman non militer atau ancaman nirmiliter.
gambar demo
source: yuksinau.id

    Pengertian Ancaman Non Militer

    Ancaman militer berdasarkan hakikatnya adalah sebuah ancaman dengan menggunakan kekuatan bersenjata terorganisasi yang berpotensi membahayakan kedaulatan sebuah bangsa dan negara. Sebaliknya, ancaman non militer atau nirmiliter adalah sebuah ancaman yang tidak menggunakan kekuatan bersenjata namun memiliki potensi yang sama untuk membahayakan kedaulatan bangsa dan negara. Ancaman jenis non militer tidak berhubungan dengan lembaga pemerintahan bagian pertahanan suatu negara. Oleh karena itu, ancaman non militer biasanya menjadi tanggung jawab lembaga pemerintahan di bidang dimana ancaman tersebut terjadi. Misalnya ekonomi, ideologi, kesehatan, dan lain sebagainya.

    Contoh Ancaman Non Militer

    Contoh ancaman non militer dapat terjadi dalam berbagai bidang. Penanganan ancaman non militer biasanya dilakukan oleh lembaga pemerintahan yang bersangkutan. Misalnya, permasalahan kesehatan, maka lembaga pemerintahan yang bertanggung jawab terhadap hal tersebut adalah kementerian kesehatan dan pihak lain yang bersangkutan. Berikut adalah contoh lainnya dari ancaman non militer.

    1. Bidang Ekonomi

    Salah satu ancaman non militer yang paling banyak ditemukan adalah pada bidang ekonomi. Ancaman non militer bidang ekonomi ini memiliki pengaruh (impact) terhadap kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, bidang ini banyak menjadi perhatian. Macam ancaman bidang ekonomi yang seringkali ditemukan antara lain adalah sebagai berikut.

    a. Pengangguran

    Pengangguran menjadi salah satu permasalahan di Indonesia yang tidak kunjung dapat diatasi. Meningkatnya pengangguran di Indonesia maupun negara lain, biasanya disebabkan oleh beberapa hal misalnya, kurangnya lapangan pekerjaan, rendahnya kualitas pendidikan, perkembangan teknologi yang idak diiringi dengan perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM), dan masih banyak lagi.

    b. Infrastuktur yang Kurang Memadai

    Infrastuktur dapat dikatakan sebagai jembatan penghubung antara satu daerah dengan daerah lain. Terhambatnya atau tidak meratanya infrastruktur, dapat menyebabkan berbagai masalah dalam berbagai sektor, misalnya, ekonomi, pendidikan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, untuk mengatasinya, perlu perhatian lebih dari pemerintah untuk pemerataan pembangunan infrastruktur sampai ke daerah-daerah tertinggal.

    c. Inflasi

    Inflasi adalah kondisi dimana kenaikan harga yang berlangsung secara terus-menerus dan mengakibatkan perubahan mekanisme pasar. Terjadinya inflasi, dapat membuat sektor ekonomi sebuah negara menjadi terhambat. Untuk mengatasinya perlu dilakukan berbagai usaha, seperti devaluasi, penurunan nilai mata uang, menekan tingkat upah, meningkatkan produktivtas usaha, dan lain sebagainya.

    2. Bidang Ideologi

    Ideologi adalah sebuah keyakinan atau dasar sistematis dalam mencapai sebuah tujuan. Indonesia sendiri merupakan sebuah negara yang memiliki ideologi pancasila. Dasar dari ideologi pancasila ini berasal dari nilai-nilai yang terdapat pada sila pada Pancasila.
    Ancaman non militer yang berhubungan dengan ideologi, biasanya terjadi karena adanya perbedaan pandangan atau dasar dalam mencapai sebuah tujuan. Berbagai ancaman non militer dalam bidang ideologi di antaranya adalah, masuknya paham komunisme dan  masuknya ideologi liberalisme. Kedua ideologi yang dianggap bertentangan dengan ideologi negara Indonesia tersebut dianggap dapat membawa pengaruh yang buruk jika diterma dengan cara yang salah.

    3. Bidang Politik

    Selain bidang ekonomi dan juga ideologi, bidang lain yang juga seringkali didapati ancaman non militer adalah bidang politik. Ancaman non militer dalam bidang politik di antaranya adalah pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM), demokratisasi, ancaman penurunan kekuasaan, dan lain sebagainya.

    Demikianlah penjelasan mengenai ancaman non militer beserta contoh ancaman non militer. Ancaman militer militer sendiri, sebenarnya dapat ditasi dengan cara meningkatkan pembangunan, menjungjung sikap toleransi, serta meningkatkan kualitas dari Sumber Daya Manusia (SDM).
    Disqus Comments