10 Sekolah Penerbangan Terbaik di Indonesia yang Menghasilkan Pilot-Pilot Andal

Bagi Anda yang bercita-cita menjadi seorang pilot yang andal, tentu saja terlebih dulu Anda harus mengenyam pendidikan di sekolah penerbangan. Setidaknya, terdapat 10 sekolah bagi calon penerbang yang menghasilkan pilot-pilot yang andal di Indonesia. Setiap sekolah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Di sekolah tersebut, para calon pilot akan dapat belajar bagaimana cara serta teknik untuk menerbangkan pesawat dengan baik. Hingga pada akhirnya nantinya para calon pilot tersebut menjadi pilot-pilot yang andal dan bisa berkontribusi lebih bagi dunia penerbangan di Tanah Air. Berikut ini beberapa sekolah pagi calon penerbang di Indonesia:


Eagle Air Academy 

Eagle Air Academy menjadi salah satu sekolah yang memiliki kualitas terbaik di Indonesia. Di sekolah tinggi penerbangan yang telah berstandar internasional ini, para calon pilot dapat belajar berbagai macam teori, simulasi, serta praktek untuk menerbangkan sebuah pesawat hingga akhirnya menjadi seorang pilot yang profesional.  Para calon pilot menempuh pendidikan di Eagle Air Academy ini selama 8 bulan lamanya.

Bali International Flight Academy (BIFA)


Bagi Anda yang ingin menjadi seorang pilot andal, maka Anda dapat menempuh pendidikan di Bali International Flight Academy (BIFA), salah satu sekolah penerbangan yang memiliki kualitas terbaik di Indonesia bahkan di Asia. Untuk bisa masuk dan diterima di Bali International Flight Academy, para calon pilot harus mengikuti seleksi yang cukup ketat.

Bandung Pilot Academy 

Bandung Pilot Academy menjadi salah satu sekolah calon pilot paling populer dan memiliki kualitas terbaik di Indonesia. Sekolah yang berdiri pada tahun 2008 ini menerapkan beberapa metode pembelajaran yang memungkinkan pilot lulusan BPA memiliki kemampuan yang mumpuni sebagai seorang penerang, dan memiliki pengetahuan seputar basic aeronautic. Meski untuk bisa menempuh pendidikan di sekolah ini para calon pilot harus mengeluarkan dana yang cukup besar, namun hal ini tak menyurutkan minat para calon pilot untuk mendaftar di Bandung Pilot Academy.

Baca juga: Pengertian dan Berbagai Macam Metode Penelitian

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STIP) Curug 

STIP Curug adalah sekolah kedinasan di bawah naungan Kementrian Perhubungan Republik Indonesia. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug memiliki kualitas yang baik. Untuk bisa menempuh pendidikan di STIP Curug, para calon pilot harus bersiap melewati seleksi yang ketat karena STIP Curug selalu kebanjiran peminat yang ingin diterima sebagai calon pilot di sekolah tersebut.

ATKP Surabaya

ATKP Surabaya menjadi salah satu sekolah bagi calon pilot dengan kualitas yang terbaik di Indonesia. Untuk bisa mengenyam pendidikan di ATKP Surabaya, para calon pilot tidak harus mengeluarkan dana yang banyak karena biaya sekolah di sini terbilang cukup terjangkau. Namun, para calon pilot harus bersiap melewati serangkaian seleksi yang cukup ketat untuk bisa masuk dan diterima di sekolah ini.

Deraya Flying School 

Sekolah untuk para calon penerbang didirikan oleh Situ Rahayu Sumadi pada tahun 1972. Sekolah ini memiliki kualitas yang cukup bagus karena menawarkan berbagai program yang cukup lengkap sesuai dengan kebutuhan airlines. Para calon pilot akan didik mulai dari tahap ab-initio hingga Basic Multiengine sehingga para lulusan dari Deraying Flying School menjadi pilot-pilot yang andal.

Aero Flyer Institute 

Aero Flyer Institute ada di bawah naungan dari Batavia Air. Sekolah yang didirikan pada tahun 2006 ini merupakan sekolah pilot yang memiliki fasilitas yang cukup lengkap sehingga pantas kalo Aero Flyer Institute masuk dalam daftar sekolah calon pilot terbaik di Indonesia.

Alfa Flying School

Alfa Flying School merupakan sekolah pilot yang telah terakreditasi oleh DGCA PSC No. 141/04. Sekolah pilot yang didirikan pada tahun 2007 ini menjadikan bandara Halim Perdana Kusuma sebagai home-base. Sekolah pilot yang satu ini memiliki tiga titik lokasi pelatihan, yakni Halim di Jakarta, Tunggul Wulung di Cilacap, dan Carkrabhuwana di Cirebon.

Flybest Flight Academy 

Flybest Flight Academy merupakan sekolah penerbangan di Indonesia yang berada di Sumatera, tepatnya di Provinsi Riau. Sekolah pilot yang didirikan sejak tahun 2013 ini telah mengantongi tiga lesensi, yakni PPL, CPL, dan IR. Flybest Flight Academy memiliki kualitas yang cukup baik karena dilengkapi dengan beberapa unit aircraft dan instrukstur asing yang telah berpengalaman.

Nusa Flying International 

Sekolah calon pilot yang terletak di Ibukota Jakarta ini menjalin kerjasama dengan perusahaan Lion Air. Nusa Flying International sering kali memunculkan pilot-pilot yang andal di dunia penerbangan Indonesia. Sekolah pilot yang menjadikan Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta sebagai lokasi pelatihannya ini bisa dikatakan sebagai salah satu sekolah calon penerbang terbaik di Indonesia.

Itulah 10 sekolah penerbangan yang terbaik di Indonesia yang telah berhasil meluluskan pilot-pilot dengan kualitas yang mumpuni dan mampu berkontribusi lebih bagi dunia penerbangan di Tanah Air. Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi seorang pilot, Anda dapat mencoba untuk mendaftar di salah satu sekolah bagi para calon pilot tersebut.

0 Comments:

Post a Comment