Wednesday, January 22, 2020

Ukuran Kertas F4 dalam cm, mm, inch, dan Pada Microsoft Word

Ukuran kertas F4 merupakan format kertas seri F dari standar internasional dalam satuan millimeter mm dan dapat dikonversikan ke dalam satuan centimeter (cm) dan juga inch. Penggunaan kertas tersebut sangat menunjang berbagai macam kegiatan sehari-hari. Seperti kita ketahui bahwa kertas sendiri telah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi banyak orang. Dengan adanya kertas, tentu saja Anda dapat sangat terbantu dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Nah, salah satu kertas yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari, baik untuk kegiatan kantor, sekolah, dan berbagai hal lainnya adalah kertas F4 ini. Kertas dengan ukuran tipe ini memang biasa dipakai untuk memenuhi kebutuhan di perkantoran, sekolah, maupun fotocopy.  Kali ini kita akan membahas mengenai kertas F4 dalam ukuran cm, mm,inc, dan pada Microsoft Word.
ukuran kertas f4 dalam cm mm inch pixel

Ukuran Kertas F4


Ukuran Kertas F4 dalam cm, mm, inch


Masing-masing kertas memiliki spesifikasinya sendiri. Begitu juga dengan kertas tipe F4 ini. Dengan adanya spesifikasi ukuran tersebut akan memudahkan Anda dalam mencari kertas yang sesuai dengan kebutuhan Anda masing-masing.
Untuk spesifikasi ukuran F4 dalam dunia internasional dibagi menjadi 3 jenis, yakni ukuran millimeter (mm), centimeter (cm), dan inch. Dengan adanya spesifikasi ukuran ini, Anda akan semakin mudah dalam mencari ikuran kertas yang sesuai dengan kebutuhan atau aktivitas keseharian. Berikut ini adalah ukuran kertas F4 dalam inchi, cm, dan mm.

millimeter (mm)
centimeter (cm)
inch
210 x 330 mm
21,0 x 33,0 cm
8,27 x 12,99 inch

1. Ukuran kertas F4 dalam satuan millimeter (mm)
Dalam millimeter (mm), kertas F4 berukuran 210 mm x 330 mm. Dibandingkan dengan ukuran lainnya, jumlah angka dalam satuan millimeter (mm) ini lebih besar.

2. Ukuran kertas F4 dalam satuan centimeter (cm)
Dalam centimeter (cm), kertas F4 berukuran 21,3 cm x 33,0 cm. Dengan adanya ukuran centimeter (cm) ini, Anda akan semakin mudah mencari kertas F4 yang sesuai dengan kebutuhan Anda masing-masing.
*Catatan: Untuk memperoleh ukuran kertas tipe F4 dalam satuan centimeter (cm), Anda hanya perlu membagi 10 dari satuan millimeter (mm).

3. Ukuran kertas F4 dalam satuan inch
Kertas F4 dalam ukuran inch adalah 8,27 x 12,99 inc. Beberapa negara menggunakan  kertas F4 dalam ukuran inc.

Yang perlu menjadi catatan di sini adalah di sebagian negara di dunia, ukuran kertas F4 biasanya sedikit berbeda, yakni 215 x 330 mm. Meskipun terdapat perbedaan pada masing-masing negara, hal itu tidak akan menjadi suatu permasalahan yang berarti karena kertas F4 sudah memiliki konversi ukuran kertas.

Dengan adanya konversi ukuran seperti yang telah dijelaskan di atas, hal tersebut tidak hanya akan memudahkan Anda dalam mencari kertas F4 yang sesuai kebutuhan namun juga akan memudahkan dalam memasarkan kertas F4 dalam jangka waktu yang lama. Hal tersebut karena kertas F4 dapat diproduksi secara massal dan internasional. Dengan adanya konversi yang bersekala internasional tersebut, tidak akan ada perbedan jenis ukuran yang berlaku.

Cara Membuat Ukuran Kertas F4 atau Folio Pada Microsoft Word


Dalam beragai aktivitas keseharian, sering kali kita menggunakan kertas A4 dan juga kerta F4 atau folio. Namun, ketika kita hendak mencetak kertas dalam ukuran Folio atau F4 ini, sering kali kita harus melakukan pengeditan karena ada beberapa printer yang tidak dirancang secara khusus untuk bisa mencetak kertas ukuran F4 atau folio ini.

Untuk mengurangi pengeditan ulang pada saat hendak mencetak kertas ukuran F4 atau folio, sebaiknya Anda membuat ukuran kertas F4 di word dengan menggunakan Custom Size Paper pada dokumen yang akan Anda buat. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat kertas Custom Size Paper pada Ms Word yang sama dengan kertas F4 atau Folio:

  1. Pertama-tama, klik menu Ribbon pada Page Layout
  2. Selanjutnya, klik tombol untuk memunculkan Dialog Page Setup
  3. Kemudian klik tab Paper dan pilih ukuran kertas Folio/F4 atau 8.5” x 13” pada kotak Paper Size. Jika Anda tidak menemukannya, maka Anda harus membuat kertas khusus Custom Size Paper pada dokumen yang akan Anda buat.
  4. Untuk membuat kertas khusus yang berukuran F4 atau folio dengan custom size paper tersebut, Anda hanya perlu mengetikkan atau mengisi lebar kertas pada kotak Width dengan nilai 8,5 inch atau sama dengan 33,02 cm.
  5. Secara otomatis Microsoft Word akan menganggap bahwa Anda akan menggunakan ukuran kertas khusus yang Anda buat sendiri dengan menggunakan Custom Size Paper sesaat setelah Anda selesai mengetikkan ataupun mengisi nilai ukuran baru pada kotak Width dan Hight.
  6. Untuk membuat kertas ukuran F4 atau folio, silakan ketik OK.
Demikianlah pembahasan tentang ukuran kertas F4 dalam berbagai konversi yang telah berlaku secara internasional. Kini Anda pun telah mengetahui bagaimana cara membuat kertas khusus dengan Custom Size Paper sehingga dapat memunculkan kertas F4 di Microsoft Word. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 
Disqus Comments