Tuesday, January 21, 2020

Kenali Ukuran Kertas A4 dalam cm, mm, inchi, dan Pixel

ukuran kertas a4Ukuran kertas A4 merupakan ukuran kertas dengan standar internasional berdasarkan ISO (International Organization for Standardization dalam satuan millimeter (mm) yang dapat dikonversikan ke dalam ukuran centimeter (cm) dan juga inch. Kertas A4 sendiri merupakan ukuran kertas yang sering digunakan oleh para mahasiswa dan pekerja kantoran karena kertas ini biasa digunakan dalam berbagai keperluan pencetakan dokumen, seperti misalnya makalah surat resmi, skripsi, piagam, thesis, diklat, formulir, lembar kerja, dan lain sebagainya. Kertas ini telah dijadikan sebagai kertas dokumen sejak tahun 1970-an, namun baru resmi diperkenalkan pada tahun 2006 sejak ukuran kertas ini diatur oleh standar ISO 216. Kini standar ukuran kertas ini telah digunakan secara global, di berbagai negara seperti Inggris, Jepang, India, Singapura, dan termasuk Indonesia. Bahkan di negara Austarlia, New Zealand, dan UK, kertas A4 menjadi ukuran standar surat bisnis. Berdasarkan ISO, kertas F4 ini memiliki satuan millimeter (mm) yang dapat dikonversikan ke dalam cm, dan inch.


Tabel Ukuran Kertas A4 dalam Berbagai Satuan


milimeter (mm)
centimeter (cm)
inch
210 x 297
21 x 29,7
8,27 x 11,69

Ukuran kertas A4 adalah 21 x 29,7 untuk centimeter (cm), 210 x 297 untuk satuan milimeter (mm), dan 8,27 x 11,69 untuk satuan inch. Dalam PostScript, dimensi kertas A4 dibulatkan menjadi 595 x 842 poin. Jika dilipat dua kali, lembar kertas A4 sangat pas dengan ukuran amplop C6 (114 x 162 mm).

Ukuran Kertas A4 dalam Satuan centimeter (cm)


Kertas A4 yang digunakan dalam word biasanya dihitung dengan satuan centimeter (cm), yakni 21,0 x 29,7 cm. Untuk ukuran pada kertas A4 sendiri terdiri atas berbagai jenis, dari A1 hingga A5. Untuk menghitung ukuran kertas A tersebut cukup mudah. Anda hanya perlu menghitung dua kali  lipatnya. Misalnya, untuk menghitung ukuran kertas A3, Anda hanya perlu mengalikan ukuran pada kertas A4 dalam satuan cm dua kali lipat.
Catatan: Untuk dimensi kertas seri A berdasarkan ISO 216, dapat dilihat dalam satuan milimeter. Untuk memperoleh ukuran pada kertas A4 dalam cm, Anda dapat mengonversi nilai milimeter (mm) ke centimeter (cm) dengan dibagi 10.

Ukuran Kertas A4 dalam Satuan Milimeter (mm)


Untuk mengkonversi ukuran pada kertas A4 ke dalam satuan milimeter (mm), akan lebih mudah jika Anda sudah mengetahui ukuran pada kertas A4 dalam satuan centimeter (cm). Untuk mengubah ukuran ke dalam satuan milimeter (mm), Anda hanya perlu mengalikannya dengan 10. Jadi, apabila ukuran kertas A4 dalam cm adalah 21 x 29,7 cm, maka setelah dikalikan 10, ukuran kertas tersebut menjadi 210 x 297 mm.

Ukuran Kertas A4 dalam Satuan Inchi


Selain mengetahui ukuran kertas tipe A4 dalam satuan cm ataupun mm, Anda juga perlu mengetahui ukuran kertas ini dalam satuan inchi. Dalam satuan inchi, kertas A4 memiliki ukuran 8,27 x 11,69 inchi.

Ukuran Kertas A4 dalam Satuan Pixel


Anda juga harus mengetahui ukuran kertas A4 dalam pixel. Biasanya, ukuran pixel digunakan untuk aplikasi coreldraw dan juga photoshop. Dengan mengetahui ukuran kertas dalam satuan pixel, Anda tidak akan bingung saat hendak mencetak kertas A4 tersebut dalam  photoshop maupun coreldraw.  Ukuran A4 dalam satuan pixel ditentukan berdasarkan resolusi ppi-nya sehingga ukurannya pun menjadi berbeda-beda. Semakin angka ppi  tersebut maka semakin besar pula jumah pixelnya.
Hitungan pixel untuk kertas ukuran A4, ppi-nya dimulai dari 27 hingga 1200. Resolusi kertas A4 dengan 72 ppi, ukuran pixelnya adalah 595 x 842 pixel. Sementara itu, untuk resolusi kertas A4 1200 ppi, ukuran pixelnya adalah 9921 x 14031 pixel. Semakin besar resolusi serta angka pixelnya, maka semakin bagus pula kualitas resolusi gambarnya.

Cara Membedakan Kertas Ukuran A4 dengan F4


Sebenarnya kertas ukuran A4 hampir sama dengan kertas ukuran F4. Jika Anda tak cermat dalam membedakan di antara keduanya, bisa saja kedua kertas ini menjadi tertukar. Jangan sampai Anda mencetak dokumen yang jumlahnya begitu banyak namun ternyata menggunakan ukuran kertas yang salah. Oleh karena itu, Anda harus cermat melihat ukuran kertas (panjang dan lebar kertas) pada kertas A4 dan F4. Kertas A4 biasa digunakan untuk mencetak cover kata pengantar dan latar belakang makalah skripsi.

Meski terlihat hampir sama, namun ternyata kertas A4 memiliki tinggi yang lebih pendek jika dibandingkan dengan tinggi pada kertas F4. Karena itulah, salah satu cara membedakan di antara kedua kertas ini, adalah dengan mencermati tinggi kertas tersebut.

Sama seperti kertas Folio, kertas A4 juga telah memiliki standar satuan yang berlaku secara internasional, yakni satuan milimeter yang dapat dikonversikan menjadi satuan centimeter dan inchi.

Demikianlah pembahasan tentang ukuran kertas A4 dalam satuan centimeter, milimeter, inchi, dan pixel. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 
Disqus Comments