Daftar Riwayat Hidup: Tips Menulis dan Contoh Untuk Lamaran Kerja yang Disukai HRD

contoh daftar riwayat hidup lamaran kerja
Bagi pelamar kerja, daftar riwayat hidup atau biasa disebut CV (Curriculum Vitae) merupakan dokumen yang sangat penting. Dapat dikatakan kalau CV merupakan sesuatu yang dapat diandalkan oleh calon pelamar untuk memunculkan kesan pertama yang baik yang mudah diingat oleh bagian HRD (Human Resource Development) atau bagian personalia di perusahaan tersebut. Karena itu, penting bagi Anda untuk membuat CV yang baik, rapi, dan lengkap sehingga disukai oleh pihak HRD. Dengan demikian, Anda akan memiliki kesempatan yang besar untuk lolos ke tahapan interview. Berikut ini akan dibahas mengenai tips menulis CV lamaran kerja yang baik beserta dengan contohnya.


Tips Menulis Daftar Riwayat Hidup Untuk Lamaran Kerja


Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda terapkan dalam menulis daftar riwayat hidup lamaran kerja yang disukai oleh HRD:

1. Cermat dalam Memilih Jenis dan Ukuran Font
Meski Anda dapat menulis CV menggunakan tulisan tangan, namun kebanyakan perusahaan sekarang ini lebih menyukai penulisan CV dengan cara diketik dengan komputer karena akan terlihat lebih rapi dan terkesan profesional. Karena itulah, penting bagi Anda untuk memilih jenis dan ukuran font yang bergaya profesional, seperti misalnya Times New Roman, Calibri, atau Arial. Untuk ukurannya, Anda bisa menggunakan size font antara 11-12.

Untuk membuat tampilan CV tersebut semakin rapi, Anda perlu menerapkan 2,5 cm pada tiap-tiap garis tepi halaman serta spasi antar baris 1,5-2 cm. Dengan tampilan CV yang rapi, HRD pun akan semakin  tertarik untuk membacanya.

2. Menulis Riwayat Hidup Sesuai Urutan Waktu yang Tepat
Anda perlu menulis daftar riwayat hidup sesuai dengan urutan waktu yang tepat. Misalnya, Anda bisa mengurutkan dari pengalaman kerja yang paling lama hingga yang terakhir Anda jalani. Jangan lupa untuk mencantumkan posisi, tugas yang Anda kerjakan, dan juga nama perusahaan tempat Anda dulu bekerja. Untuk membuat HRD semakin tertarik membaca CV tersebut, Anda dapat mencantumkan prestasi atau pencapaian apa yang pernah raih saat bekerja di perusaan yang terdahulu.

3. Tulis Riwayat Pendidikan dengan Tepat
Pada CV yang Anda buat, pastikan untuk menulis riwayat pendidikan dengan tepat. Anda harus menulis riwayat pendidikan mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, dan Universitas. Untuk lebih jelasnya, Anda perlu mencantumkan jurusan dan fakultas apa yang Anda ambil selama di bangku perkuliahan dan jurusan apa yang diambil saat SMA/SMK beserta tahun kelulusannya. Agar HRD semakin tertarik membaca CV yang Anda tulis, jangan lupa mencantumkan titel studi dari bangku Universitas.

4. Gunakan Kata Kerja Aktif
Untuk membuat HRD mudah memahami informasi yang Anda sampaikan dalam daftar riwayat hidup, sebaiknya gunakan kata kerja aktif dalam mendeskripsikan desk job di perusahan lama. Misalnya,  di perusahaan lama tugas Anda adalah sebagai seorang Account Executive, maka langsung saja tulis kata kerja ‘menjadwalkan’ dan jangan gunakan kalimat ‘membuat jadwal’. Dengan menggunakan kata kerja aktif yang semacam itu, informasi yang Anda sampaikan akan terkesan semakin padat.

5. Periksa Kembali Ejaan dan Format Penulisan
Penting bagi Anda untuk memeriksa kembali ejaan serta format penulisan yang benar setelah selesai menulis CV lamaran kerja. Periksa apakah ejaan yang Anda tulis sudah sesuai dengan KBBI atau belum. Pastikan juga Anda tidak typo atau salah dalam menulis kata pada CV tersebut.

6. Print CV dengan Kualitas Kertas yang Terbaik
Untuk membuat HRD semakin terkesan dengan CV yang Anda buat, Anda harus mencetak CV tersebut dengan menggunakan kertas dengan kualitas yang terbaik dan masukkan dalama amplop yang bagus. Dengan demikian, Anda akan dinilai benar-benar serius dalam melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

Baca juga: Contoh CV Bahasa Inggris Untuk Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Lamaran Kerja


Berikut ini adalah contoh daftar riwayat hidup yang bisa jadi referensi bagi Anda:

DAFTAR RIWAYAT HIDUP


Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
  1. Nama Lengkap             : Fadhilla Assyiffa, S.E.
  2. Tempat Tanggal Lahir   : Jakarta, 9 Januari 1994
  3. Jenis Kelamin               : Perempuan
  4. Status                           : Belum Menikah
  5. Alamat                          : Kp.Sopak. Rt.02 Rw.05, Kec.Banyuresmi, Garut, Jawa Barat
  6. Kewarganegaraan        : Indonesia
  7. Agama                          : Islam
  8. Nomor Handphone       : 085325775550
  9. Email                             : fadhilla@gmail.com

Riwayat Pendidikan:
  1. SD Alwasliyah 19 Jakarta 2001-2006
  2. SMP Negeri 1 Jakarta 2006-2009
  3. SMA Pelita Harapan 2009-2012
  4. Universitas Indonesia (Fakultas Ekonomi) 2012-2016


Pengalaman Kerja
  1. Account Executive di PT Prima Sejahtera dari tahun 2017-2019

Pengalaman Organisasi:
  1. Anggota adan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Universitas Indonesia dari tahun 2012-2015

Minat dan Keahlian:
  1. Mampu berbahasa Indonesia dan Inggris dengan baik
  2. Menguasai cara penggunaan sistem alikasi marketing
  3. Gemar membaca dan menulis

Hormat Saya

Fadhilla Assyiffa


Demikianlah pembahasan mengenai tips menulis daftar riwayat hidup dan contohnya yang bisa jadi referensi bagi Anda yang saat ini masih bingung bagaimana membuat CV yang disukai oleh HRD. Semoga bermanfaat. 

0 Comments:

Post a Comment