Alasan Melamar Pekerjaan: Tips dan Cara Mempromosikan Diri

alasan melamar pekerjaan mempromosikan diri
Saat Anda menjalani sebuah tes interview saat melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, Anda akan ditanya tentang alasan melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Anda pasti akan berusaha memoles jawaban atas pertanyaan tersebut dengan sebaik mungkin sehingga dapat diterima dengan  baik oleh rekruter. Sebaiknya Anda berhati-hati dalam memberi jawaban dan usahakan untuk tidak memberi jawaban yang terlalu jujur. Jawaban yang kelewat jujur justru terkesan mengumbar aib Anda sendiri. Misalnya, Anda membenci atasan di perusahaan sebelumnya atau karena Anda merasa putus asa untuk membayar tagihan bulan berikutnya sehingga mau tidak mau Anda harus mencari pekerjaan baru. Jawaban-jawaban semacam ini justru terkesan mengumbar aib sendiri dan terkesan sangat tidak berbobot. Anda tidak perlu berbohong, namun intinya jangan mengungkapkan semua kebenaran. Agar bisa memberikan jawab yang baik, Anda harus tahu hal-hal apa saja yang tidak perlu diungkapkan pada rekruter dan Anda harus bisa memberikan jawaban yang mempromosikan diri Anda sendiri.

Jawaban yang Harus Anda Hindari Ketika Ditanya tentang Alasan Melamar Pekerjaan

Saat ditanya tentang alasan mengapa Anda melamar pekerjaan di perusahaan tersebut, hindari berbagai jawaban berikut ini:
  1. Baru saja kehilangn pekerjaan dan harus segera mencari pekerjaan baru karena terdesak dengan berbagai tagihan bulanan.
  2. Pesangon dari perusahaan sebelumnya sudah semakin menipis sehingga harus segera menemukan pekerjaan baru.
  3. Terpaksa melamar di perusahaan tersebut karena dorongan dari orangtua.
  4. Tergiur dengan gaji yang besar dan posisi yang tinggi di perusahaan tersebut.
  5. Merasa tertekan karena sudah lama menjadi pengangguran.
  6. Intinya, ketika ditanya tentang alasan melamar pekerjaan di perusahaan tersebut, Anda harus dapat memberikan jawaban yang terkesan menguntungkan bagi karyawan dan perusahaan.

Tips Memberi Jawaban yang Baik tentang Alasan Melamar Pekerjaan

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memberikan alasan terbaik saat ditanya “Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Ini?”

1. Pekerjaan Tersebut Sesuai dengan Keahlian yang Dimiliki
Munculkan kesan bahwa Anda memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda inginkan. Untuk itu, Anda harus menunjukkan keahlian yang dimiliki secara spesifik, pengalaman kerja, serta sebutkan berbagai macam pelatihan yang pernah Anda ikuti yang relevan dengan bidang pekerjaan tersebut. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda menginginkan pekerjaan tersebut karena memang sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

2. Beri Pujian Pada Perusahaan Tersebut
Untuk memberikan jawaban terbaik saat ditanya alasan mengapa ingin bekerja di perusahaan tersebut, Anda dapat menanggapinya dengan pujian pada perusahaan tersebut. Sampaikan bahwa Anda merasa senang seandainya bisa bergabung dengan perusahaan ternama dengan reputasi yang baik.

3. Mengaitkan dengan Tujuan Hidup
Jika Anda adalah tipikal orang yang punya tujuan besar dengan cita-cita yang begitu luhur di dalam hidup, maka Anda dapat mengungkapkan bahwa tujuan Anda ingin bekerja di perusahaan tersebut bukan hanya sekadar untuk bekerja dan meraih karir yang cemerlang. Lebih dari itu, Anda dapat mengungkapkan bahwa dengan mendapatkan pekerjaan di tempat tersebut Anda dapat memberikan kontribusi lebih pada kehidupan dan dunia.

Jadi, saat ditanya alasan mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan tersebut, maka Anda harus menghindari jawaban yang terkesan mengumbar aib sendiri ataupun bernada keterpaksaan. Jawaban yang Anda sampaikan harus bisa menjelaskan bahwa dengan mendapatkan pekerjaan di perusahaan tersebut, kehidupan Anda dan kondisi perusahaan tersebut akan semakin baik.

Mempromosikan Diri Ketika Melamar Pekerjaan



Untuk memperbesar peluang Anda diterima di perusahaan yang Anda inginkan, Anda harus bisa menampilkan versi terbaik dari diri Anda. Untuk itu, Anda harus bisa mempromosikan diri Anda dengan sebaik mungkin sehingga perusahaan tersebut dapat mempertimbangkan Anda sebagai kandidat terbaik untuk mengisi posisi tertentu di perusahaan tersebut.

Sekarang ini, para pelamar kerja dapat mengirimkan lamaran pekerjaan melalui email. Melalui surat lamaran yang dikirim melalui email tersebut, Anda dapat mempromosikan diri Anda dengan sebaik mungkin. Karena itulah, Anda harus benar-benar paham tentang cara melamar pekerjaan lewat email dan tahu bagaimana standar pengiriman email yang baik dan benar agar surat lamaran Anda dalam email tersebut bisa diterima oleh perusahaan yang bersangkutan.

Dalam surat lamaran pekerjaan yang Anda kirimkan melalui email, pastikan Anda menyampaikan kalimat yang bisa mempromosikan diri Anda. Agar bisa menulis kalimat promosi yang baik, maka Anda harus mengenali skill yang Anda miliki serta pengalaman kerja yang Anda punya. Berikut ini adalah adalah contoh kalimat mempromosikan diri dalam melamar pekerjaan pada bidang marketing:

Saya memiliki pengalaman selama 2 tahun sebagai sales and marketing di PT xxx. Saya juga memiliki kemampuan Public Speaking yang sangat baik dan bisa mempromosikan barang dan jasa dari perusahaan. Saya juga mampu bekerja baik secara tim maupun individu.

Demikianlah pembahasan tentang bagaimana cara menjawab pertanyaan tentang alasan melamar pekerjaan dan juga bagaimana mempromosikan diri ketika melamar sebuah pekerjaan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

0 Comments:

Post a Comment