Monday, January 20, 2020

Tips Membuat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris yang Baik

lamaran pekerjaan bahasa inggris
Bagi Anda yang ingin bekerja di perusahaan berskala internasional, maka Anda diwajibkan untuk membuat lamaran pekerjaan bahasa Inggris. Hal ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kemampuan atau keterampilan berbahasa Inggris Anda sebagai calon pelamar kerja. Surat lamaran kerja atau dalam bahasa Inggris disebut dengan cover letter pada dasarnya memiliki format yang tidak jauh berbeda dengan surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Indonesia. Untuk membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris yang baik dan menarik, simak tips dan contohnya berikut ini!


Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Berbahasa Inggris


Untuk membuat lamaran pekerjaan bahasa Inggris yang baik dan menarik, simak beberapa  tips berikut ini:

1. Jangan Keliru Menulis Nama Perusahaan yang Ingin Anda Lamar
Ketika hendak melamar pekerjaan, Anda pasti sangat sibuk memikirkan puluhan nama perusahaan yang ingin Anda lamar. Agar Anda tidak keliru dalam menuliskan nama perusahaan dalam surat lamaran berbahasa Inggris yang hendak Anda kirim, Anda harus cermat memperhatikan nama perusahaan yang ingin Anda lamar.

2. Perhatikan Nama Penerima Surat
Surat lamaran pekerjaan bahasa Inggris ditujukan pada bagian personalia atau HRD perusahaan tersebut. Dalam surat lamaran tersebut, sebaiknya Anda menulis nama kepala HRD tersebut dengan ditambah gelar “Mr.” atau “Ms.” Di depannya. Hal ini jauh lebih baik dibandingkan hanya menuliskan “To Whom It May Concern”, “Dear Sir/Madam”, ataupun panggilan yang bersifat anonim lainnya.

3. Penulisan Tanggal
Terdapat dua versi penulisan tanggal pada lamaran pekerjaan bahasa Inggris, yakni versi British English dan American English. Pada British English, tanggal terletak di bagian kanan atas di bawah alamat pengirim surat yang juga terletak di kanan atas. Selain itu, dalam British English menulis tanggalnya di awal dengan tambahan “-st”, “-nd”, “-rd”, atau “-th” sebagai penunjuk ordinal number. Selanjutnya, tanggal diikuti ‘of’, nama bulan, dan tanda koma, lalu tahun.  Sedangkan  dalam American English, tanggal ada di bagian pojok kiri atas sebelum alamat pengirim surat yang juga terdapat di sebelah kiri.

Versi British English: 9th  of January, 2020

Versi American English: January 9th 2020

4. Jangan Sampai Salah dalamPenulisan Ejaan
Anda harus memastikan suran lamaran pekerjaan yang Anda tulis sudah benar-benar tepat dalam penulisan pengejaannya. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan fasilitas proofread pada word processing software di komputer atau PC Anda untuk mengecek apakah masih ada kekeliruan penulisan ejaan atau tidak.

5. Tata Bahasa yang Baik dan Benar
Dalam surat lamaran pekerjaan berbahasa Inggris, penggunaan grammar dan tenses yang benar sangat diperlukan. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan baik-baik kalimat yang Anda gunakan dalam surat lamaran tersebut. Untuk memastikan grammar dan tenses yang Anda gunakan sudah benar, mintalah teman yang jago bahasa Inggris untuk mengoreksi surat lamaran tersebut.

6. Panjang Surat
Jika Anda menggunakan fitur application box yang ada pada situs perusahan, Anda perlu memperhatikan apakah ada batas jumlah kata yang ditetapkan dalam penulisan surat lamaran di  perusahaan tersebut atau tidak. Sunting surat lamaran tersebut jika panjangnya memang melampaui batas.


Contoh Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris


Berikut ini adalah contoh surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris yang dapat Anda jadikan sebagai referensi:

Mr. Daud
Head of Human Resource Division
PT Cahaya Karya SejahteraJln. Mampang Raya No. 67AJakarta 12790


Dear Mr. Daud,
I am writing to apply for the position as the accountant which your company has advertised on ABC Magazine. Through the experiences and skill listed below, I believe that I am a strong candidate for this job.

Having 3 years of accounting experience, the field of accounting is no longer foreign industry for me. I had completed my professional certification on tax after I graduated from my bachelor degree 6 years ago. I have worked for my previous company as the accountant who have dealt with responsibility for the preparation in the company of monthly consolidate statement such as management and public reporting. In addition, writing  the Annual Report to Shareholders was other duty that I have coped with. I wish my past work involvement is fascinating enough. For further questions, you can to contact me on +628121313883. Thank you for your time.

Sincerely
Diana Putri


Dalam menulis surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris seperti contoh yang telah ditunjukkan tadi, Anda harus benar-benar memperhatikan tata bahasa dan penggunaannya tensesnya agar surat lamaran kerja tersebut tersusun dengan baik dan menarik sehingga perusahaan tersebut akan lebih bisa mempertimbangkan Anda untuk diterima sebagai kandidat terkuat yang mengisi posisi tertentu di perusahaan tersebut.

Demikianlah pembahasan tentang tips membuat lamaran pekerjaan bahasa Inggris yang baik dan menarik yang dapat Anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 
Disqus Comments