Thursday, January 23, 2020

Resensi Buku: Contoh dan Unsur Terkandung Di Dalamnya

Apakah Anda pernah membaca contoh resensi buku, baik fiksi maupun non fiksi? Secara singkat, resensi buku dibuat untuk memberi penilaian pada sebuah buku, karya dari dari orang lain. Melalui resensi buku, kita akan mengetahui informasi tambahan mengenai sebuah buku sehingga calon pembeli buku tidak akan salah dalam memilih sebuah buku. Dengan adanya resensi  buku, kelebihan serta kekurangan dari  buku tersebut  dapat dilihat menurut sudut pandang si peresensi buku tersebut. Untuk Anda yang tertarik untuk membuat resensi buku, maka terlebih dahulu Anda perlu menyimak pembahasan berikut ini!

Sekilas tentang Resensi Buku


Dilihat dari asal-usul katanya, resensi merupakan kata yang berasal dari bahasa Belanda, yaitu resentie serta dari bahasa Latin, yakni resensio, recensere, arau revidere. Artinya adalah mengulas kembali, menimbang, melihat kembali, mengulas kembai, dan menilai. Jadi, resensi buku dapat diartikan sebagai suatu penilaian terhadap sebuah buku.

Dalam meresensi sebuah buku, si penulis resensi harus mengutarakan sudut pandangnya sendiri sebagai penikmat buku tersebut tanpa ada pendapat orang lain di dalamnya. Karena itulah, resensi setiap orang akan berbeda-beda karena pendapat atau sudut pandang setiap orang memang berbeda-beda. Untuk bisa membuat sebuah resensi buku dengan baik, penulis resensi harus dapat melakukan pengamatan secara kritis, serta harus dapat melihat kelebihan dan kekurangan buku secara berimbang.

Dalam berbagai contoh resensi buku fiksi maupun non fiksi yang biasa kita jumpai, biasanya di dalamnya berisi kelebihan, kekurangan, serta informasi apa saja yang bisa didapatkan oleh calon pembacanya. Melalaui resensi buku, Anda akan mengetahui siapa penulis buku tersebut, sinopsis, serta berbagai macam informasi penting yang dapat Anda temukan di dalam buku tersebut.


Manfaat Resensi Buku


Berikut ini beberapa kelebihan dari resensi buku:
  • Dengan adanya resensi buku, Anda akan mengetahui gambaran tentang buku tersebut.
  • Mendapatkan imbalan dari buku-buku yang dibuat resensinya
  • Sebagai sarana promosi bagi buku baru
  • Mengembangkan kemampuan menulis. Semakin sering menulis, maka kreativitas kita semakin terasah.

Unsur-Unsur yang Biasa Terdapat dalam Contoh Resensi Buku


Jika Anda menemukan sebuah contoh resensi buku non fiksi maupun fiksi, Anda akan menemukan begian-bagian yang menyusun resensi tersebut. Dengan adanya unsur-unsur penyusun tersebut, resensi buku akan terlihat lebih terstruktur sehingga para pembaca akan lebih mudah memahami isi dari resensi buku tersebut.

Berikut ini adalah unsur-unsur yang biasa terdapat dalam sebuah contoh resensi buku:
1. Judul Resensi Buku
Judul resensi buku harus memiliki benang merah dengan isi resensinya. Untuk menarik minat pembaca resensi, sebaiknya Anda membuat judul yang semenarik mungkin.
2. Identitas atau Data Buku
Pada umumnya, data atau identitas sebuah buku terdiri atas:
  • Judul buku
  • Nama pengarang
  • Nama Penerbit
  • Tahun terbit dan juga cetakannya
  • Dimensi buku
  • Harga buku

3. Pembukaan Resensi
4. Isi Resensi Buku
Pada bagian isi resensi buku, biasanya berisi tentang sinopsis atau ulasan singkat dengan disertai kutipan singkat, keunggulan, kelemahan, rumusan kerangka buku, serta bahasa yang digunakan dalam buku tersebut.
5. Bagian Penutup Resensi Buku

Langkah-Langkah Atau Cara Meresensi Buku


Berikut ini cara-cara atau langkah yang dapat Anda lakukan untuk meresensi buku:
1. Menentukan Jenis dan Judul Buku yang Akan Diresensi
Pertama-tama Anda perlu menentukan jenis atau genre serta judul buku yang akan diresensi. Ada beberapa jenis buku fiksi yang dapat Anda tulis resensinya, seperti misalnya novel, antologi puisi, antologi cerpen, serta roman. Sementara itu, genre non fiksi yang biasa diresensi adalah buku sejarah, ilmu pengetahuan, dan juga biografi tokoh.

2. Membaca Buku yang Hendak Diresensi
Untuk mengetahui segala informasi yang berkaitan dengan buku yang akan diresensi, kelebihan, dan kekurangannya, maka tentu saja Anda harus membaca buku itu terlebih dahulu. Untuk lebih mengefisienkan waktu, Anda cukup membaca buku tersebut dengan teknik membaca cepat. Yang terpenting adalah Anda harus dapat mengambil intisari dari buku tersebut.

3. Membuat Catatan Informasi Tentang Buku yang Akan Diresensi
Untuk membuat resensi buku, terlebih dahulu Anda harus mencatat informasi tentang buku yang akan diresensi. Anda harus bisa mengumpulkan data informasi tentang judul buku, pengarang, penerbit, tahun terbit, cetakan, tebal buku, serta harga buku tersebut.

4. Menulis Poin-Poin Penting dalam Buku yang Akan Diresensi
Ini merupakan bagian yang cukup sulit untuk dilakukan. Anda harus bisa menuliskan poin-poin penting yang terdapat di dalam buku yang Anda resensi. Untuk melengkapi poin-poin penting tersebut, cantumkan pula beberapa kutipan yang menarik dari buku tersebut.

5. Menulis Isi Resensi
Langkah yang terpenting adalah menulis isi resensi buku tersebut. Pada tahapan ini, Anda harus bisa memberikan komentar serta pandangan Anda tentang buku yang diresensi.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian serta unsur-unsur yang terdapat pada contoh resensi buku yang biasa kita jumpai. Anda pun kini telah mengetahui bagaimana cara atau langkah-langkah dalam membuat resensi buku. 
Disqus Comments