Friday, January 17, 2020

Contoh CV Bahasa Inggris Untuk Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

contoh cv bahasa inggris fresh graduate tanpa pengalaman
Kali ini kita akan membahas mengenai contoh CV Bahasa Inggris, terutama bagi para fresh graduate atau yang belum memiliki pengalaman kerja. Curriculume Vitae / resume atau biasa juga disebut sebagai daftar riwayat hidup merupakan sebuah hal yang harus dilampirkan oleh mereka yang ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan ataupun instansi. Calon pelamar biasanya diminta untuk membuat daftar lamaran hidup dalam bahasa Inggris. Hal tersebut bertujuan untuk melihat keahlian berbahasa Inggris calon pelamar kerja. Kemampuan berbahasa Inggris yang baik dari calon pelamar kerja sangat dibutuhkan di era globalisasi seperti saat ini. Oleh karena itu, perusahaan sangat menginginkan calon karyawannya mengirim surat lamaran dan CV dalam bahasa Inggris. Sebelum membahas lebih lanjut tentang daftar riwayat hidup berbahasa Inggris yang baik untuk fresh graduate, terlebih dulu kita akan membahas mengenai format CV dalam bahasa Inggris secara umum.

Format CV Berbahasa Inggris


Secara umum, daftar contoh CV bahasa Inggris sebenarnya tak jauh berbeda dengan daftar riwayat hidup berbahasa Indonesia. Berikut ini adalah format CV bahasa Inggris secara umum:

1. Contact Information (Info Alamat)
  • Name
  • Address
  • Telephone
  • Email


2. Personal Information (Data Diri)
  • Place of Birth (Tempat Lahir)
  • Date of Birth (Tanggal Lahir)
  • Gender (Jenis Kelamin)
  • Marital Status (Status Perkawinan)


3. Educational Backround (Latar Belakang Pendidikan)
4. Job Experience (Pengalaman Kerja)
5. Professional Qualifications (Keterampilan yang Mendukung)
6. Personality (Kepribadian)

Baca juga: Cara Membuat Daftar Isi Manual dan Otomatis yang Rapi di MS Word

Contoh CV Bahasa Inggris bagi Fresh Graduate


Sebenarnya format CV Fresh Graduate tanpa pengalaman tak jauh berbeda dengan daftar riwayat hidup yang ditulis oleh calon pelamar kerja yang sudah punya sederet pengalaman kerja yang didapat dari tempat kerja mereka sebelumnya. Hanya saja, untuk kolom Job Experience atau Pengalaman Kerja, cukup ditulis dengan kalimat “Fresh Graduate”.Berikut ini adalah contoh CV Fresh Graduate tanpa pengalaman yang ditulis dalam bahasa Inggris: 


CURRICULUM VITAE


1. Personal Information (Biodata Diri)
Name
: Fadhilla Assyiffa, S.E.
Place and Date of Birth
: Jakarta, September 20 1997
Address
: Jl. Gunung Batu, Bogor, West Java 16128
Gender
: Female
Marital Status
: Single
Religion
: Islam
Telephone
: 085325777***
Email
: (Optional)

2. Educational Background
  1. 2003-2009 International Elementary School, Bogor
  2. 2009-2012 Junior High School / SMP 07 Bogor
  3. 2012-2015 Senior High School 01 Bogor
  4. 2015-2019 Accounting Degree University of Indonesia GPA=3,87 (Scale 4)


3. Job Experience
Fresh Graduate

4. Professional Qualifications
Computer Skills, Web Design, Programming, Internet Marketing, Microsoft soft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point,  Corel Draw, Adobe Photoshop, and making software.

5. Personality
Hard-worker, kind, communicative, target oriented, diligent, discipline, honest, tolerant, and responsible.




Bogor, January 2020
Fadhilla Assyiffa, S.E.


Sebenarnya Anda dapat membuat Curriculum Vitae dalam berbagai macam format tanpa menghilangkan unsur terpentingnya. Yang paling penting adalah semakin menarik dan bagus CV yang Anda buat, maka Anda akan dipandang memiliki kreativitas yang tinggi. Hal ini bisa menjadi nilai tambah tersendiri bagi Anda sehingga peluang Anda di terima di perusahaan atau instansi tersebut akan semakin besar.

Curriculum Vitae atau CV yang menarik tentu saja tak hanya dilihat dari desainnya saja, namun juga dari gaya penulisan, kerapian, dan berbagai macam hal lainnya. Dalam hal ini, berbagai referensi yang berupa contoh CV bahasa Inggris yang baik, sangat Anda butuhkan agar memiliki gambaran tentang bagaimana membuat sebuah daftar riwayat dalam bahasa Inggris yang baik dan menarik.

Baca juga: Contoh Lowongan Pekerjaan dalam Bahasa Inggris yang Mudah Dipahami

Tips Membuat CV (Daftar Riwayat Hidup)


Untuk membuat sebuah daftar riwayat hidup yang baik dan menarik, Anda perlu memperhatikan berbagai tips berikut ini:



  1. Jangan buat CV yang terlalu panjang
  2. Hindari penggunan bahasa yang terkesan berbelit-belit atau basa-basi dalam menulis sebuah CV
  3. Untuk foto yang akan dicantumkan dalam CV, gunakanlah yang paling baru dengan berpakaian formal dan usahakan untuk menampilkan mimik wajah yang rilex atau tersenyum.
  4. Ada baiknya jika Anda mencantumkan keterampilan atau kemampuan yang dapat menunjang pekerjaan Anda di tempat Anda melamar kerja.
  5. Jangan mencantumkan pengalaman ataupun keterampilan yang tidak relevan dengan bidang pekerjaan di tempat anda melamar.
  6. Berusahalah untuk menulis Curriculum Vitae tersebut dengan sejujur-jujurnya dan jangan coba-coba untuk memanipulasi daftar riwayat hidup yang Anda buat.
  7. Sebelum membuat Curriculum Vitae, sebaiknya Anda mencari tahu contoh company profile CV atau profil perusahaan dimana Anda ingin melamar pekerjaan. Dengan mengetahui detail perusahaan tersebut, Anda akan mengetahui keterampilan atau kemampuan apa saja yang sekiranya dibutuhkan di tempat tersebut. Setelah itu, Anda dapat mencocokkan keterampilan Anda dengan keterampilan yang dibutuhkan di perusahaan tersebut.

Demikianlah pembahasan tentang contoh CV Bahasa Inggris untuk para fresh graduate. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.  




Disqus Comments