Contoh Cover Kata Pengantar Latar Belakang Makalah Skripsi

Contoh makalah-Bagi Anda yang masih mengenyam pendidikan baik di sekolah menengah ataupun perguruan tinggi pastinya sudah sering mendapatkan tugas yang dibuat dalam bentuk makalah. Untuk menyusun sebuah makalah, terdapat susunan standar yang harus Anda ikuti. Untuk makalah yang dibuat di bangku perkuliahan, dosen tentu saja akan menuntut Anda untuk menyusunnya secara sempurna, baik dari urutan kerangka pembahasan, tata bahasa, format halaman, dan lain sebagainya. Sebelum kita membahas tentang cara membuat makalah yang baik dan benar sesuai dengan pengaturan Badan Standardisasi Nasional (BSN) Indonesia, ada baiknya Anda perlu mengenal lebih dalam tentang pengertian makalah itu sendiri.

contoh cover kata pengantar latar belakang makalah



    Pengertian Makalah


    Ada beberapa pendapat mengenai definisi makalah. Menurut W.J.S Poerwadarminta, makalah merupakan uraian singkat tertulis yang membahas tentang permasalahan tertentu yang dikemukakan untuk memperoleh pembahasan yang lebih lanjut. Sementara itu, makalah juga dapat diartikan sebagai karya tulis yang berisi pemikiran tentang sebuah masalah atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan disertai dengan berbagai analisis yang logis.

    Latar Belakang yang Terdapat Pada Makalah


    Dalam penyusunan sebuah makalah, latar belakang menjadi sebuah inti pembicaraan atau pembahasan yang sangat penting.

    Latar belakang menjelaskan fakta-fakta ataupun data-data yang berasal dari penelitian yang sebelumnya, dan juga dari referensi yang penulis temukan sehingga penulis ingin mengangkat topik tersebut untuk dianalisa di dalam makalah tersebut. Penulis juga harus mengemukaan landasan teori yang digunakan untuk menelaah permasalahan yang ditemukan.



    Untuk menulis latar belakang sebuah makalah, digunakan metode piramida terbalik, yaitu pembahasannya dimulai dari hal-hal yang sifatnya umum ke gambaran permasalahan yang mengerucut menjadi poin permasalahan yang krusial yang menjadi ruang lingkup penelitian.

    1. Berikut ini adalah bagian-bagian dari latar belakang dalam sebuah makalah:
         
    • Masalah

    Sebaiknya Anda memilih permasalahan yang sesuai dengan kemampuan Anda agar lebih mudah dalam proses penyelesaiannya.
    • Daftar Pustaka

    Sumber atau referensi yang sesuai dengan topik yang akan dibahas. Dalam menyususn sebuah makalah, pastikan Anda memilih bahan baku bacaaan yang valid.
    • Penelitian

    Penelitian berupa wawancara dan survei diperlukan dalam menyusun makalah agar tidak hanya sekadar teori.
    • Perumusan Masalah

    Di dalam perumusan masalah, Anda harus memunculkan pertanyaan. Pertanyaan tersebut akan lebih mudah dirumuskan pada bentuk tulisan.

    2. Contoh Latar Belakang Ilmiah

    Berikut ini adalah contoh latar belakang makalah tentang solusi untuk mengatasi limbah:

          Limbah merupakan zat sisa yang sudah tidak berguna dan harus dibuang. Ada begitu banyak limbah yang terdapat di sekeliling kita, misalnya limbah yang berasal dari pabrik, rumah tangga, dan lain sebagainya.     

        Ada berbagai macam bentuk limbah, ada yang padat, cair, dan juga gas. Semua limbah tersebut harus dibuang karena sudah tidak ada fungsinya lagi. Sampah tersebut jika tidak segera dikelola juga akan berpotensi mencemari lingkungan.   

       Pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah sudah pasti akan berdampak buruk bagi lingkungan. Misalnya, jika terjadi pencemaran di air maka ikan-ikan akan mati.  Contoh lainnya adalah banyak orang yang akan terkena sesak nafas atau asma jika terjadi pencemaran udara yang disebabkan oleh limbah gas, dan lain sebagainya.   

       Sampah apabila dikelola dengan baik akan menghasilkan tambahan penghasilan. Pengelolaan sampah yang baik tentu saja membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Salah satu yang bisa dilakukan untuk mengurangi sampah tersebut adalah dengan membuat Bank Sampah.     

        Bank Sampah kini banyak dikelola oleh masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. Kini, dengan adanya Bank Sampah, masyarakat berupaya untuk mengurangi sampah di lingkungannya. Kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat tentu saja akan membuat Bank Sampah tersebut semakin berkembang.

    Latar belakang di atas dapat digunakan sebagai contoh makalah yang membahas atau mengangkat topik tentang pengelolaan sampah. Dalam penyusunan latar belakang tersebut sebenarnya tidak ada patokan khusus mengenai panjangnya. Jika memang banyak masalah yang harus dijabarkan, maka bisa jadi latar belakang tersebut lebih dari satu lembar. Namun, apabila hanya sedikit dan tidak mendalam seperti contoh di atas, maka bisa dibuat hanya 1 lembar saja.

    Penulisan Cover Makalah yang Baik dan Benar


    Cover yang disusun dengan baik dan benar diperlukan untuk menunjang kesempurnaan makalah. Sebelum Anda melihat contoh cover makalah yang benar, Anda harus memahami format penulisan cover makalah berikut ini:
    1. Judul makalah
    2. Logo lembaga atau institusi
    3. Nama penulis (tidak boleh disingkat dan tanpa menyebutkan gelar)
    4. Tempat  (alamat memuat nama institusi dimana penulis menempuh jenjang pendidikan)
    5. Tahun terbit (tahun pada saat makalah tersebut selesai disusun untuk kemudian diterbitkan untuk umum).
    Ketentuan dalam penulisan cover makalah:
    1. Judul ditulis menggunakan huruf kapital yang dicetak tebal dengan jenis huruf Times New Roman dan besar font-nya 14.
    2. Ditulis rata tengah
    3. Nama penulis tidak ditulis dengan huruf kapital pada semua kata, hanya huruf awal kata saja.
    4. Nama instansi ditulis dengan huruf kapital dengan dicetak tebal.


    Contoh penulisan cover makalah:

    Pengaruh Budaya Patrilineal dalam Kehidupan Masyarakat Jawa   

     LOGO INSTITUSI 






    Disusun oleh:
    Fadhilla Assyiffa
    NIM
    Universitas Brawijaya
    Malang
    2017




    Demikianlah pembahasan tentang contoh makalah, baik dari segi latar belakang maupun cover atau sampulnya.  Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

    0 Comments:

    Post a Comment