Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal Sesuai dengan Ketentuan

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal  Sesuai dengan Ketentuan
Cara menulis daftar pustaka dari jurnal harus benar-benar Anda perhatikan agar jurnal tersebut dapat dipertanggung jawabkan dengan baik. Adanya kejelasan dari jurnal yang Anda jadikan sumber atau referensi tulisan dalam penelitian akan membuat Anda lebih mudah untuk membuktikan teori-teori yang Anda gunakan dalam penelitian tersebut. Jika sampai Anda salah dalam menulis daftar pustaka yang diambil dari jurnal, akan mengalami kesulitan dalam membuktikan teori yang digunakan pada penelitian Anda. Selain harus memahami cara penulisan daftar pustaka yang diambil dari jurnal, Anda juga harus mengetahui cara mengambil sumber dari jurnal internasional. Jurnal internasional telah diakui secara global dan dianggap bisa menjadi suatu sumber yang kuat dalam sebuah penelitian ilmiah. Untuk itu, simak pembahasan berikut ini!

Pengertian dan Jenis-Jenis Jurnal

Jurnal merupakan tulisan khusus tentang suatu bidang ilmu tertentu yang ditulis oleh seseorang atau beberapa orang yang kompeten dalam bidang tersebut hingga akhirnya layak untuk diterbitkan oleh suatu lembaga.
Secara umum terdapat dua jenis jurnal, yakni jurnal cetak dan jurnal online. Jurnal cetak adalah sebuah artikel yang ditulis oleh seseorang atau beberapa orang yang dicetak dan disebarluaskan. Sementara itu, jurnal online merupakan sebuah tulisan yang tidak dicetak namun diterbitkan dalam laman internet.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal

Di setiap negara bisa saja cara menulis daftar pustaka dari jurnal bisa jadi berbeda-beda. Namun paling tidak terdapat dua cara penulisan daftar pustaka yang diambil dari jurnal, yakni APA Style dan MLA Style.
1. APA Style
APA Style merupakan gaya penulisan yang diterbitkan oleh American Phychological Association. Biasanya gaya penulisan ini digunakan pada bidang filsafat, antropologi, politik, pendidikan, ekonomi, akuntansi, dan juga sosiologi.
  • Format gaya penulisan APA Style:
    • Nama akhir pengarang. Tahun penerbitan. Judul artikel. Nama Jurnal, volume.
  • Contoh penulisan daftar pustaka untuk satu penulis:
    • James, D (2001) Mother’s personality and its interaction with child temperament as predictors of parenting behavior. Journal of Personality and Social Psychology, 79, 274-285.
  • Contoh penulisan untuk 2 atau 3 orang penulis:
    • Robert, H., & William, J.L (2000). Balinese spatial orientation. Journal of Royal Anthopologicallnstitute, 4, 689-731
  • Contoh penulisan untuk lebih dari 7 orang penulis:
    • Jenni, K.A., Nichole, S.M., Willy, A.J., Diana, C.A., Steve, G.D., Irene, E.R., ...Joseph, K.J (2000). The persistence of postpartum depression in an inner-city maternal health clinic system. American Journal of Psychiatry, 157(12), 1856-1863. doi:10.1176/ai.ajp.158.11.1856

2. MLA Style
Dibandingkan dengan penulisan daftar pustaka lainnya, MILA Style dianggap lebih sederhana dan lebih mudah untuk digunakan. MLA atau Modern Language Association biasa digunakan dalam kutipan dan daftar pustaka dalam bidang seni, ancasila, kewarganegaraan, bahasa, dan sastra.
  • Format penulisan MLA Style:
    • Nama akhir, Nama awal penulis. “Judul artikel”. Nama jurnal Volume.edisi( Tahun publikasi): Media.
  • Contoh penulisan untuk satu orang penulis:
    • Davney, Jessy. “Beyond Growth: Library and Development. “ The Annals of Library Research 40.5 (2015): 1111-1130. Print.
  • Contoh penulisan 2 atau 3 penulis:
    • Young, Ashley, Nick Roger, and Steven Olsen. “Studies in pop rocks and Coke. “Weird Science 12 (2010): 78-80. Print.
  • Contoh penulisan untuk leih dari 3 orang penulis:
    • Henry, Robert, et al. “Studies in pop rocks and Coke. “Weird Science 12 (2010): 77-98.Print.
  • Contoh penulisan dari online atau internet:
    • Winsley, Dean R. “The Language of Hackerdom: The Gendered of Hacker Jargon.” Kairos 5.2 (2001): n. pag. Web. 23 May. 2006

Cara Mencari Jurnal Internasional

Berikut ini beberapa tips cara mencari jurnal internasional di internet:

1. Mencari melalui layanan jurnal partner yang ada di Universitas Anda
Biasanya pihak kampus memiliki partner dengan sebuah website berbayar. Anda dapat memanfaatkan fasilitas ini secara gratis di lingkungan Universitas.

2. Menemukan jurnal internasional melalui di IEEE
Anda dapat mencoba berlangganan di website IEEE. IEEE atau The Institute of Electrical and Electronics Engineers adalah website penyedia jurnal yang paling besar.

3. Mencari jurnal internasional melalui mesin pencarian Citeseerx
Dengan mesin pencarian Citeseerx, Anda dapat mencari jurnal internasional sesuai  dengan kata kunci yang Anda masukkan.

4. Mencari Jurnal Internasional di Science Direct
Science Direct menyediakan banyak jurnal gratis dan juga berbayar. Koleksi jurnal di Science Direct termasuk cukup up to date.

5. Memanfaatkan layanan Google Scholar untuk mencari jurnal internasional
Google Scholar merupakan mesin pencari khusus untuk literatur, artikel, tulisan-tulisan akademis, termasuk jurnal.

Cara Membuat Jurnal Ilmiah

Setelah Anda mengetahui cara menulis daftar pustaka yang diambil dari jurnal, Anda pun harus mengetahui bagaimana cara membuat jurnal ilmiah yang baik dan benar.
  1. Membuat Judul
  2. Menulis nama penulis
  3. Membuat abstrak
  4. Menentukan kata kunci
  5. Membuat pendahuluan
  6. Menentukan metode penelitian
  7. Pembahasan
  8. Membuat simpulan
  9. Menulis daftar pustaka

Demikianlah pembahasan mengenai cara menulis daftar pustaka dari jurnal sesuai dengan ketentuan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.
Top of Form
Bottom of Form


0 Comments:

Post a Comment