Saturday, January 25, 2020

Cara Membuat Pendahuluan Makalah dengan Sistematis

Cara Membuat Pendahuluan Makalah dengan Sistematis - Bagi Anda yang kini sedang menyusun sebuah karya ilmiah, laporan, proposal maupun makalah, Anda perlu mengetahui bagaimana cara membuat sebuah pendahuluan makalah yang baik dan benar. Makalah merupakan salah satu bukti dari latar belakang pendidikan anda. Pendahuluan terletak pada bab 1 di dalam makalah tersebut. Bab 1 ini berisi jawaban apa dan mengapa penelitian tersebut perlu dilakukan. Pada bagian pendahuluan ini, gambaran mengenai topik penelitian pun akan disajikan. Karena itulah, bab 1 atau bab pendahuluan ini terdiri atas latar belakang, rumusan masalah, dan juga tujuan penelitian. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan yang berikut ini:

Pengertian Bab 1 atau Bab Pendahuluan dalam Sebuah Makalah

Bab pendahuluan dalam sebuah makalah merupakan bab pertama dalam sebuah karya tulis atau makalah tersebut. Biasanya bab pendahuluan tersebut terdiri atas latar belakang masalah, rumusan masalah, dan juga tujuan penelitian. Karena itulah, bab pendahuluan ini memberikan gambaran seputar topik penelitian yang akan disajikan.

Bagian-Bagian dari Bab Pendahuluan Makalah

Dalam sebuah makalah, bab pendahuluan menjadi bagian yang sangat penting karena terdiri atas latar belakang masalah, rumusan masalah, dan tujuan penelitian. Berikut ini adalah penjelasan tentang masing-masing bagian tersebut:

1. Latar Belakang Makalah
Latar belakang makalah mencangkup sebagian besar isi atau gambaran dari makalah tersebut. Pada bagian ini, Anda dapat memberi pemahaman atau pengertian kepada para pembaca tentang apa yang ingin kita sampaikan. Karena itulah, latar belakang harus disusun dengan baik dan disertai dengan data-data yang mendukung agar lebih jelas.
Latar belakang makalah berisi kondisi yang mencangkup suatu keadaan yang diinginkan atau diharapkan untuk terjadi. Biasanya juga diterangkan perbedaan antara kondisi atau keadaan sekarang dengan kondisi yang dicita-citakan.

2. Rumusan Masalah
Rumusan masalah merupakan bagian dari bab 1 atau pendahuluan makalah yang berupa beberapa pertanyaan yang akan dibahas pada bab pembahasan. Perumusan masalah ini menjadi tahap penting dalam sebuah penelitian karena tanpa perumusan masalah, sebuah kegiatan penelitian akan menjadi sia-sia dan tidak akan menghasilkan apapun.

3. Tujuan Penelitian
Tujuan dari makalah terdapat pada bagian Tujuan Penelitian yang ada di bab 1 atau bab pendahuluan. Untuk membuat tujuan penelitian ini, Anda tidak dapat dipisahkan dari rumusan masalah karena tujuan penelitian adalah menjawab pertanyaan yang terdapat pada rumusan masalah.
Selain berujung pada terjawabnya pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada rumusan masalah, tujuan penelitian ini juga dapat berkembang menjadi penelitian lebih lanjut. Untuk mengoptimalkan jawaban pada rumusan permasalahan, Anda perlu membatasi tujuan penelitian tersebut.

4. Manfaat Penelitian
Dalam pendahuluan makalah, biasanya ada juga yang memuat manfaat penelitian sebagai salah satu bagian yang dibahas. Manfaat penelitian sendiri pada umumnya untuk menyelidiki suatu keadaan atau kondisi tertentu. Keadaan tersebut dapat dikontrol melalui sebuah eksperimen ataupun observasi. Eksperimen ataupun observasi tersebut berperan penting sebagai fondasi untuk mengambil keputusan dalam seluruh aspek.

Tips Membuat Pendahuluan Makalah

Makalah berisi berbagai macam informasi mengenai sebuah materi yang tersusun secara sistematis dan terarah dengan sebuah pola penalaran yang jelas. Untuk memudahkan Anda membuat sebuah pendahuluan, simak cara membuat pendahuluan makalah berikut ini:
  1. Menentukan latar belakang masalah, dalam tahapan ini Anda perlu mengidentifikasi masalah dan setelah itu Anda perlu mencari penyelesaiaannya.
  2. Melakukan pembatasan masalah, agar masalah yang terdapat dalam makalah tersebut tidak terlalu luas, Anda perlu membatasi masalah dengan cara mengurutkan masalah yang ada dengan intensitasnya  serta hubungannya dengan kerangka berpikir.
  3. Menentukan tujuan makalah, Anda harus mengungkakan tujuan yang sesuai dengan pembatasan masalah.
  4. Menentukan teknik penyusunan makalah, Anda perlu menentukan kerangka berpikir yang akan digunakan untuk menyelesaikan makalah tersebut

Contoh Pendahuluan Makalah

Berikut ini adalah satu contoh pendahuluan makalah:

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Guru merupakan bagian dari kesadaran sejarah pendidikan di seluruh dunia. Citra guru berkembang sesuai dengan perkembangan dan perubahan konsep serta persepsi orang-orang terhadap dunia pendidikan. Awalnya, profesi sebagai guru hanya diangkap sekadar memberi dan mengembangkan ilmu pengetahun terhadap para peserta didik. Namun dalam beberapa dekade terakhir, konsep serta persepsi orang-orang terhadap profesi guru pun telah berubah. Kini, profesi guru sangat berkaitan erat dengan produktivitas ekonomisnya. Selain itu, perkembangan yang cukup besar dalam bidang pengetahuan dan teknologi, terutama bidang informasi dan komunikasi, yang kemudian mendorong pengembangan media belajar serta paradigma teknologi dalam dunia pendidikan ternyata juga mempengaruhi persepsi terhadap profesi guru. Dalam perkembanganya, guru mulai mengalami permasalahan berupa dilemma eksistensial.

B. Rumusan Masalah
  1. Apa Pengertian Citra Guru yang Profesional?
  2. Apa Faktor-Faktor yang Dapat  Mempengaruhi Citra Guru?
  3. Bagaimana Cara Mengidentifikasi Citra Guru yang Profesional


C. Tujuan Penelitian
  1. Menjelaskan Pengertian atau Definisi Citra Guru
  2. Menjelaskan Citra Guru dari Berbagai Masa
  3. Mengetahui Faktor-Faktor yang Dapat Mempengaruhi Citra Guru


Demikianlah ppembahasan tentang cara membuat pendahuluan makalah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang hendak membuat sebuah makalah atau karya tulis ilmiah.



Disqus Comments